Sembelit Pada Bayi

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Dokter, saya mau tanya. Bayi saya berumur 25 hari mengalami sembelit setelah beberapa hari di kasih madu. Apa solusinya? Dara. ticko_212@xxx

Jawaban :

Usia 25 hari adalah masa dimana seorang bayi hanya diberikan ASI eksklusif hingga usianya menginjak 6 bulan. Untuk pemberian makanan tambahan selain ASI sebaiknya setelah usia 6 bulan dimana pada saat itu bayi telah menunjukkan tanda-tanda siap untuk mendapatkan makanan penambah ASI.

Bayi yang mendapatkan makanan tambahan saat usianya kurang dari 6 bulan atau masih dalam masa pemberian ASI eksklusif dapat mengakibatkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Konsumsi ASI bayi menjadi menurun.
  2. Bayi berisiko besar terserang diare atau sembelit.
  3. Bayi akan kekurangan asupan zat pelindung untuk memperkuat sistem imun sehingga bayi akan lebih sering terserang penyakit.
  4. Lambung bayi akan dipenuhi oleh makanan tambahan yang kandungan gizinya jauh lebih rendah dibandingkan dengan ASI.

Solusi agar anak tidak mengalami sembelit, sebaiknya berikan anak makanan tambahan setelah berusia 6 bulan dimana usia 6 bulan bayi mulai membutuhkan kebutuhan gizi yang cukup seperti zat besi dan zat-zat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh karena ASI sudah tidak dapat mencukupi kebutuhan gizi anak tanpa adanya makanan tambahan lainnya. Menu pertama kalinya Anda dapat memberinya berupa pure buah yaitu cairan kental yang bergizi asli dari buah.

 

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Resiko Ibu Menyusui Dengan Satu Payudara