Semangka Bagi Tekanan Darah Tinggi

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter, benarkah jika buah semangka dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan tidak baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki tekanan darah rendah? Melati. dinda_m3n4nti@xxx

Jawaban :

Buah semangka atau citrullus lanatus merupakan buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, vitamin E, Kalium, Magnesium dan beberapa unsure lain yang memiliki manfaat untuk mengobati penyakit.

Semangka merupakan sumber alami vitamin A dan beta karoten yang bermanfaat sebagai antioksidan dalam melawan radikal bebas dan vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh.

Oleh masyarakat buah semangka juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Apakah itu benar? Secara empiris buah semangka memang dapat menurunkan darah tinggi sehingga tidak baik di konsumsi oleh orang yang menderita tekanan darah rendah. Namun, secara ilmiah belum dapat membenarkan. Buah yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah pisang ambon.

 

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Mencegah Mabuk Perjalanan Pada Anak