Resiko Ibu Menyusui Dengan Satu Payudara

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter, saya baru mempunyai bayi dan itupun anak pertama. Sekarang umurnya sudah 3 bulan. Saya mau tanya, apa ada pengaruh kalau saya menyusui hanya dengan satu payudara bagi otak bayi? Dan bagaimana caranya supaya bayi saya kepalanya tidak peyang? Trimakasih. Risma. rismadamayantidj91@xxx

Jawaban :

Pada prinsipnya menyusui hanya dengan satu payudara tidak berpengaruh terhadap perkembangan otak bayi. Akan tetapi, justru dapat berpengaruh tidak baik pada kesehatan ibu. Jika ibu tidak ada masalah dengan kedua payudaranya, sebaiknya berikan ASI dengan dua payudara. Hal ini untuk mengurangi resiko terjadinya tumor atau kanker payudara.

Menyusui dengan dua payudara mempunyai beberapa alasan.

  1. ASI yang diberikan pada bayi dengan dua payudara akan lebih optimal karena jumlah produksi ASI yang dihasilkan akan lebih banyak dibandingkan dengan yang hanya satu payudara.
  2. Bagi kesehatan ibu. Jika ibu menyusui dengan dua payudara maka akan mengurangi resiko terkena kanker payudara.
  3. Kedua payudara akan tetap simetris. Berbeda dengan ibu yang hanya menyusui dengan satu payudara, maka payudara yang tidak digunakan untuk menyusui akan lebih cenderung kecil.

Untuk mencegah kepala bayi agar tidak peyang. sebaiknya bunda harus sering-sering mengganti posisi tidur putra putri Anda agar kepalanya tidak peyang. Selain itu bunda juga dapat menggunakan bantal yang ada lingkaran ditengah sehingga posisi kepala bayi saat tidur bisa lebih baik.

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

BACA JUGA:  Penyebab Badan Panas Dan Muntah Pada Anak

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.