Penyimpanan ASI dalam Freezer

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter, saya mau tanya. Untuk penyimpanan ASI di dalam frezer dapat bertahan berpa lama? Septian. jaslam.as@xxx

Jawaban :

ASI adalah makanan terbaik bagi tumbuh kembang anak yang diberikan oleh orang tua sebagai makanan pertama saat dia lahir hingga berusia 6 bulan. ASI memiliki kandungan gizi seimbang yang sangat baik, selain itu pemberian ASI juga bisa mendekatkan hubungan anak dengan ibu sehinggi berdampak positif bagi mental anak. Gizi yang terkandung dalam ASI tidak ada tandingannya dengan makanan apapun. Utuk itu sangat disarankan bagi para ibu untuk memberikan ASI eksklusif pada usia 0-6 bulan.

Jika Anda seorang wanita karir sehingga tidak dapat memberikan ASI secara langsung pada buah hati Anda maka ibu menyusui dapat memeras ASI dan menyimpannya dalam botol yang kemudian disimpan dalam freezer.

Pada prinsipnya penyimpanan ASI dalam freezer adalah semakin dingin suhunya maka sehakin lama juga ASI dapat disimpan. Pada freezer dengan suhu -32oC Asi dapat bertahan sampai 6 bulan bahkan lebih, sementara pada frezer -18oC dapat bertahan 3-4 bulan.

Profil Konsultan

DR HUSNIA AULIYATUL

dr. Husnia Auliyatul Umma, adalah dokter lulusan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Ibu satu anak ini sedang menyelesaikan program pendidikan dokter spesialis ilmu kesehatan anak Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Penyebab Susah Mendapat Momongan Dan Solusinya