Penyebab Terlambatnya Haid Pertama

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter, mau tanya. Umur saya 15 tahun, tapi kenapa saya belum haid ? Rivani. rivani530@xxx

Jawaban :

Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid belum pernah datang bagi anak remaja yang penting untuk diketahui. Jika datangnya haid pertama bagi remaja lebih lama atau bisa dikatakan terlambat dari teman-teman sebayanya pastinya akan menimbulkan rasa kekhawatiran. Mengapa? Karena pada umumnya seorang remaja putri akan mendapatkan haid pertamanya antara usia 10-15 tahun, Jika sampai usia 16 tahun masih belum juga mendapatkan haid pertamanya maka sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan.
Haid pertama sangatlah individual, jadi setiap anak pasti berbeda-beda. Berikut ini faktor yang dapat menyebabkan terlambatnya haid pertama:
  1. Ada kecenderungan dari orang tuanya, apakah dahulu orang tuanya mendapatkan haid pertama cepat atau lambat.
  2. Faktor hormonal.
  3. Faktor makanan. Sebaiknya konsumsi makanan yang bergizi setiap harinya karena pada kondisi tertentu remaja putri yang berat badannya terlalu kurus bisa menjadi salah satu penyebab terlambatnya haid pertama.

 

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Mengatasi BAB Anak Yang Lembek