Penyebab Susah Mendapat Momongan Dan Solusinya

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Dokter, saya sudah 3 tahun menikah namun belum mendapat momongan. Apa ya solusinya? Keisya. anicimoet@xxx

Jawaban :

Pasangan suami istri yang telah lama menikah dan belum dikaruniai anak dapat disebabkan oleh berbagai faktor baik dari suami ataupun sang istri. Faktor tersebut diantaranya adalah faktor usia, hormon, frekuensi hubungan intim, faktor disfungsi atau kesuburan dan masih banyak lagi faktor mempengaruhi.

Beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mendapatkan momongan antara lain :

1. Sebaiknya melakukan pemeriksaan baik dari pihak suami atau istri untuk mengetahui penyebab sulitnya mendapat momongan.

2. Cek sperma (pada suami)

  • Jumlah sperma
  • Kualitas sperma
  • Keaktifan sperma (aktif bergerak atau tidak)

3. Cek kesuburan (pada istri)

  • Mengetahui masa subur yaitu 14 hari sebelum menstruasi yang akan datang.

4. Mengkonsumsi cukup makanan dengan gizi yang baik.

5. Konsultasi ke klinik ingin punya anak.

 

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Faktor Pelancar ASI