Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Dokter, saya mau tanya. Saya sudah 4 hari terlambat datang bulan. Yang terakhir tgl 3 desember. Sampai tgl 7 januari belum ada tanda-tanda menstruasi. Bagaimana solusinya? Yani. yanicumi68@xxx

Jawaban :

  • Jika Anda sudah menikah, maka bisa jadi Anda terlambat datang bulan karena hamil.
  • Jika Anda belum menikah maka keterlambatan haid salah satunya dipengaruhi oleh psikis, capek dan stress. Selain itu, keadaan tubuh yang sedang sakit juga berpengaruh terhadap siklus haid karena ada beberapa obat yang dapat mempengaruhi hormonal sehingga berpengaruh pada siklus haid.

Ketidak teraturan siklus haid sering sekali dialami oleh para remaja yang baru mengalami haid, karena tubuh masih dalam penyesuaian. Misalnya saja selama 2 bulan berturut-turut siklus haid teratur, kemudian bulan berikutnya tidak datang bulan. Setelah 1 atau 2 tahun siklus haid para remaja akan mulai lebih teratur.

Faktor yang dapat mempengaruhi siklus haid sangat banyak sekali, namun yang paling berperan adalah hormon. Siklus haid dipengaruhi oleh beberapa hormon yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar ovarium, rahim dan otak. Jika terjadi suatu masalah atau gangguan pada proses ini maka dapat mempengaruhi terjadinya siklus haid yang tidak teratur.

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Program Kehamilan