Penyebab Ngompol di Usia Dewasa

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Dokter, saya mau Tanya. Saya kan sudah menikah dan mempunyai anak tetapi masih mengompol, apakah itu suatu kelainan? Mohon solusinya. Wanda. rona_ardani@xxx

Jawaban :

Ngompol atau disebut juga nocturnal enuresis adalah keluarnya cairan urin yang tanpa disadari pada saat tidur, bahkan dapat juga terjadi ketika dalam keadaan sadar karena tidak dapatnya seseorang menahan hasrat ingin buang air kecil.

Ngompol atau disebut juga nocturnal enuresis ada dua macam.

  • Ngompol atau enuresis primer : Ngompol yang terjadi sejak masih kecil.

Penyebabnya karena gangguan psikologis, punya rasa ketakutan pada sesuatu hal sejak kecil dan keterlambatan proses pematangan sistem saraf pada manusia, sehingga otak tidak dapat menangkap sinyal yang dikirim oleh kandung kemih yang telah penuh pada saat Anda sudah terlelap. Hal itulah yang menyebabkan ngompol.

  • Ngompol atau enuresis sekunder : ngompol saat sudah besar atau sudah dewasa

Penyebabnya adalah terjadinya infeksi saluran kemih, gangguan susunan saraf pada tulang belakang, gangguan metabolism atau disebut juga dengan kencing anis di usia dini.

Solusi untuk mengatasi ngompol atau enuresis sekunder,  sebaiknya cari tau terlebih dahulu penyebab dari ngompol tersebut, jika sudah diketahui penyebabnya baru ada tindakan agar ngompol dapat disembuhkan.

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  BAB Hitam dan Keras Pada Bayi