Penyebab Badan Panas Dan Muntah Pada Anak

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter, anak saya berusia 6 minggu. Badannya panas, tetapi tangan dan kakinya dingin. Setiap pagi anak saya suka muntah bening dan keluar dari mulut sama hidung. Tapi minum susunya tetap kuat. Apa itu berbahaya? Apa yang harus saya lakukan ? Terima kasih. Anggun. anggunanggraeni80@xxx

Jawaban :

Badan yang panas seringkali menimbulkan kurangnya cairan pada tubuh yang disebabkan oleh menguapnya cairan tubuh karena panas. Dan menyebabkan aliran darah berkurang dan tidak dapat sampai pada bagian tubuh perifer (ujung-ujung tubuh) sehingga tangan dan kaki teraba dingin.

Perlu tambahan asupan cairan bila anak panas untuk mengganti cairan hilang dan mencegah dehidrasi. Muntah yang terus menerus juga bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga perlu diwaspadai. Apalagi bayi usia 6 bulan reflek muntahnya belum sempurna, sehingga dikhawatirkan air dapat masuk kesaluran nafas.

Sebaiknya bunda datang kedokter spesialis anak untuk mengetahui pasti penyebab panas dan muntah pada si kecil.

 

Profil Konsultan

 

dr hafifa fathirun nisa

dr. Hafifa Fathirun Nisa, adalah dokter lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Beliau saat ini menjadi dokter umum Balai Pengobatan Muhammadiyah Kota Depok. Dokter asal Semarang ini juga menjadi dokter di sebuah klinik di Kota Depok.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Semangka Bagi Tekanan Darah Tinggi