Pengaruh Makanan Ibu Menyusui Terhadap Bayi

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Saya mau tanya neh, apakah makanan yang dikonsumsi oleh Ibu menyusui itu berpengaruh terhadap bayi? Nhiya. nhiyalibragirl@xxx

Jawaban :

Secara umum iya, walaupun tidak semua makanan selalu berpengaruh buruk terhadap bayi. Saat ibu sedang menyusui sebaiknya perhatikan dalam memilih makanan. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti sayuran dan buah-buahan agar mendapatkan ASI terbaik dan kualitasnya tetap terjaga, karena ASI adalah sumber makanan terbaik bagi bayi.

Perlu untuk dimengerti juga bahwasannya, memang ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui karena dapat mempengaruhi bayi. Salah satunya adalah makanan pedas. Saat ibu menyusui dilarang mengkonsumsi makanan pedas karena biasanya akan menyebabkan gangguan pencernaan pada sang bayi seperti diare atau kotorannya akan encer maupun lembek.

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Mencegah Mabuk Perjalanan Pada Anak