Mengetahui Bahaya Tidaknya Benjolan Pada Payudara

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter, saya berusia 22 tahun, hampir 2 tahun ini merasakan benjolan pada payudara sebelah kanan bagian bawah. Benjolan seperti biji salak dan keras, sering kali merasakan sakit dan bentuk payudara kanan dengan kiri berbeda, lebih kecil sebelah kanan (terdapat benjolan). Apakah itu berbahaya dan apakah itu salah 1 gejala dari tumor? Nufus. hayatunnufus007@xxx

Jawaban :

Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas.

Pertumbuhan tumor jinak biasanya cenderung lebih lambat sehingga tidak cepat membesar dan biasanya berkapsul sehingga mudah untuk dibedakan dengan jaringan yang ada disekitarnya. Jika tidak segera diatasi, tumor jinak dapat menjadi tumor ganas.

Tumor ganas atau biasa juga disebut dengan kanker dapat tumbuh dengan cepat serta cenderung bervariasi dengan jaringan yang ada disekitarnya sehingga batasannya tidak tegas atau jelas.

Sehingga untuk mengetahui bahaya tidaknya suatu benjolan pada payudara tersebut ada baiknya dibawa periksa lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui jenis benjolan tersebut.

 

Profil Konsultan

DR HUSNIA AULIYATUL

dr. Husnia Auliyatul Umma, adalah dokter lulusan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Ibu satu anak ini sedang menyelesaikan program pendidikan dokter spesialis ilmu kesehatan anak Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Mengatasi Alergi Susu Formula Pada Anak