Mengatasi Sembelit Pada Anak

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Dokter saya mau tanya, anak saya berumur 2 tahun, sering mengalami sembelit. Sudah dibawa ke dokter dan dikasih obat, tapi kalau obatnya habis sembelitnya kambuh lagi. Bagaimana cara mengatasinya? Krisna. gantengzefa@xxx

Jawaban :

Sembelit atau disebut juga dengan konstipasi adalah masalah yang sering dialami oleh anak-anak. Seorang anak dapat dikatakan mengalami sembelit jika dia buang air besar kurang dari tiga kali dalam waktu satu minggu dan tinja yang dikeluarkan keras dan kering.

Sembelit pada anak disebabkan oleh pola makan yang kurang serat dan air, karena serat dan air bermanfaat untuk membantu pergerakan usus. Anak-anak yang sering mengkonsumsi makanan instan kemungkinan besar akan lebih sering mengalami sembelit.

Selain itu, sembelit juga dapat disebabkan oleh susu formula yang tidak cocok atau masa pergantian susu. Misalnya saja dari susu formula untuk usia 6-12 bulan berganti ke susu formula untuk anak usia 1-3 tahun.

Cara mengatasinya sembelit pada anak:

  1. Memberikan anak makanan yang berserat seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan bisa juga memberinya probiotik.
  2. Jangan membiarkan anak terlalu banyak minum teh.
  3. Sebelum mengganti susu formula anak ke susu formula lain yang tingkat usianya lebih tinggi, sebaiknya Anda mengkombinasikannya dengan susu formula sebelumnya.

 

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  BAB Hitam dan Keras Pada Bayi