Mengatasi Ruam Pipi

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Dokter, anak saya mengalami ruam pipi hingga luka. Bagaimana cara mengatasinya? Alin. LightStar_Anggle@xxx

Jawaban :

Ruam susu atau disebut juga dengan dermatitis atopik adalah bintik-bintik merah pada pipi bayi, yang menimbulkan rasa gatal di kulit dan dapat membuat bayi rewel. Ruam pipi pada bayi biasanya disebabkan karena orang tuanya memiliki riwayat alergi sehingga tetesan ASI pada pipi bayi yang tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan ruam. Selain itu ruam juga dapat disebabkan oleh polusi udara, suhu panas atau kuman-kuman kecil yang ada di bantal atau selimut bayi.

Cara mengatasinya :

  1. Ibu harus menghindari makanan yang membuat alergi agar ASi tidak menyebabkan ruam.
  2. Hindari memandikan bayi dengan air hangat, karena membuat kulit kering sehingga ruam semakin gatal.
  3. Mengoleskan pelembab pada kulit bayi untuk menjaga kulit tetap lembab dan tidak gatal.
  4. Hindari paparan sinar matahari.
  5. Mandikan dengan sabun yang mengandung pelembab.
  6. Jika ruam semakin parah, segera bawa bayi Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan lebih lanjut.

 

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Mengatasi Kepala Peyang Pada Bayi