Mengatasi Masuk Angin Anak

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Dokter, anak saya sering mengalami masuk angin. Bagaimana cara mengatasinya jika tanpa menggunakan obat dokter? Marhani. hany_any44@xxx

Jawaban :

Masuk angin merupakan sebuah gejala awal dari suatu penyakit atau infeksi virus seperti perut kembung, mual dan masuk angin. Sedangkan pada anak-anak yang mengalami masuk angin biasanya ditandai oleh batuk pilek, muntah, tidak mau makan. Demam dan perut kembung.

Faktor yang dapat menyebabkan anak terserang masuk angin adalah udara dingin, terlalu lama bermain, kipas angin dan AC. Untuk mencegah anak agar tidak terkena masuk angin, Anda sebagai orang tua dapat membiasakan anak menggunakan pakaian hangat pada saat cuaca dingin dan jangan terlalu sering menggunakan kipas angin atau AC.

Untuk mengatasi masuk angin pada anak secara non medis, Anda dapat menggunakan cara seperti berikut ini :

  1. Memberi kenyamanan pada anak dengan cara menggendongnya.
  2. Memberi anak asupan gizi yang cukup yaitu makanan sehat, buah-buahan dan susu.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh anak.
  4. Memperhatikan waktu istirahat anak.

 

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  BAB Tidak Lancar Dan Megacolon Pada Bayi