Mengatasi Kepala Peyang Pada Bayi

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter, bayi saya berusia 2 bulan. Kepalanya kempeng karena tidurnya selalu miring ke kiri. Apakah masih bisa di perbaiki dan bagaimana solusinya? Lala. lalalaladoank@xxx

Jawaban :

Kepala kempeng atau peyang sering terjadi pada bayi dan tidak hanya terjadi pada kepala di bagian belakang saja namun juga bisa terjadi di bagian samping kepala bayi. Kepala peyang ini biasanya disebabkan karena karena bayi terlalu lama tidur dengan posisi kepala miring ke kanan ataupun miring ke kiri.

Selain karena posisi tidur, kepala peyang juga dapat disebabkan karena craniosynostosis, yaitu sebuah keadaan medis dimana pembentukan tulang tengkorak pada kepala bayi terbentuk secara prematur.

Tidak hanya itu saja, ubun-ubun besar (UUB) sebagian besar (90-95 %) akan menutup usia 19-24 tahun. Sehingga masih ada kemungkinan untuk bayi bisa berubah-ubah bentuk kepalanya.

Solusinya , sebaiknya Anda harus sering-sering mengganti posisi tidur putra putri Anda agar kepalanya tidak kempeng sebelah. Pada saat menyusui, gunakan lengan kiri dan kanan secara bergantian untuk menyanggah kepalanya.

 

Profil Konsultan

 

dr hafifa fathirun nisa

dr. Hafifa Fathirun Nisa, adalah dokter lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Beliau saat ini menjadi dokter umum Balai Pengobatan Muhammadiyah Kota Depok. Dokter asal Semarang ini juga menjadi dokter di sebuah klinik di Kota Depok.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Bolehkah Madu Dicampur Obat Dokter?