Mengatasi Kebiasaan Anak Memasukkan Tangan ke Mulut

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter, anak saya berusia 4 bulan sudah tumbuh gigi. Tapi masalahnya selalu emut tangan. Sudah saya larang, saya kasih sarung tangan tetapi malah nangis dan ngamuk, di kasih teether juga sama saja. Bagaimana solusinya? Nova. krisnadi_n@xxx

Jawaban :

Memasukkan tangan atau jari ke dalam mulut bagi seorang bayi adalah suatu kebiasaan yang cukup wajar dan sering kita jumpai karena kebiasaan tersebut merupakan salah satu fase oral pada bayi. Akan tetapi, tidak sedikit dari orang tua yang mengkhawatirkan hal ini karena kebiasaan tersebut berpotensi pada masuknya kuman atau bakteri.

Fase oral atau suka memasukkan tangan ke dalam mulut biasanya terjadi pada usia 3 bulan ke atas. Kebiasaan bayi yang suka memasukkan tangan ke mulut selain dikarenakan oleh masa oral juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lain.

1. Faktor psikologis, misalnya anak merasa lapar ataupun haus. Apakah saat Ibu menyusui sudah cukup kenyang atau belum.

2. Pertumbuhan gigi. Mulai tumbuhnya gigi pada bayi sering menimbulkan rasa gatal yang mengakibatkan bayi tidak nyaman sehingga memasukkan tangannya ke dalam mulut untuk mengurangi rasa gatalnya.

Solusinya untuk mengatasi kebiasaan anak yang suka memasukkan tangannya ke dalam mulut yaitu dengan mengalihkan perhatiannya secara lembut. Misalnya dengan meraih tangan bayi jika akan dimasukkan ke mulut, mengajaknya ngobrol, bermain atau bernyanyi sehingga kebiasaan itu pelan-pelan akan hilang.

 

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

BACA JUGA:  Program Kehamilan

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.