Mengatasi Bayi Yang Tidak Lancar BAB

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Dokter, saya mau tanya. Bayi saya berumur 2 bulan sudah dua hari tidak buang air besar. Bagaimana solusinya? Aini. Lemponksari@xxx

Jawaban :

Dua hari bayi tidak buang air besar adalah waktu yang masih wajar. Anda tidak perlu khawatir selama berat badannya masih naik dengan baik. Kemungkinan, hal itu terjadi karena ASI Anda kurang mengandung prebiotik yang disebut FOS (frukto-oligosakarida) dan GOS (galakto-oligosakarida) dimana prebiotik adalah serat yang larut dalam air.

Namun, jika sudah 5-6 hari bayi Anda tidak buang air besar maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. Hal itu biasanya terjadi karena pengaruh makanan penambah ASI. Jika belum berusia 6 bulan sebaiknya bayi hanya diberi ASI tanpa tambahan makanan dan minuman yang lain.

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Mengatasi Anak Tiap Habis Makan Langsung BAB