Mengatasi Bau Tidak Sedap di Daerah Kewanitaan

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter, saya mau tanya. Bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap di daerah kewanitaan ? Muji Rahayu. Muji.folevel@xxx

Jawaban :

Menjaga kebersihan serta kesehatan tubuh harus selalu dilakukan oleh setiap orang untuk mencegah munculnya berbagai macam gangguan, tidak terkecuali dengan daerah kewanitaan. Jika kita tidak menerapkan gaya hidup yang sehat dan bersih, maka tidak menutup kemungkinan berbagai gangguan di daerah kewanitaan akan muncul. Seperti salah satunya adalah bau tidak sedap.

Untuk mengatasi bau tidak sedap pada daerah kewanitaan, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari munculnya bau tidak sedap di daerah kewanitaan Anda. Apakah bau tidak sedap tersebut muncul karena jamur atau karena keputihan pantologis yaitu keputihan abnormal yang ditandai dengan lendir kekuning-kuningan, bau tidak sedap dan gatal.

Cara mengatasinya, jika bau tidak sedap masih dalam batas kewajaran artinya tidak ada rasa gatal dan lendir kekuningan maka Anda cukup menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin membersihkan daerah kewanitaan Anda. Akan tetapi jika bau tidak sedap di daerah kewanitaan disebabkan oleh keputihan pantologis yang ditandai dengan lendir kekuning-kuningan dan menimbulkan rasa gatal maka sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Penyebab Susah Mendapat Momongan Dan Solusinya