Mengatasi Batuk Anak Yang Tidak Kunjung Sembuh

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Saya mau tanya, anak saya mengalami batuk pilek selama 3 bulan tidak sembuh-sembuh, bagaimana cara mengobatinya? Lalu, bolehkah anak makan pisang saat batuk? Dian. diannurdiansyah772@xxx

Jawaban :

Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh dimana refleks batuk bisa membantu mengeluarkan suatu benda yang ada dalam saluran nafas dengan cepat  .

Batuk dan pilek dapat disebabkan oleh 3 hal.

  • Virus : biasanya ingusnya bening.
  • Bakteri : Ingus kental berwarna kuning, sehingga membutuhkan antibiotic.
  • Alergi : Ingus bening namun tidak kunjung berhenti.

Batuk pilek yang sudah sekian lama tidak kunjung sembuh pada umumnya disebabkan karena alergi. Penyebab alergi yang menimbulkan batuk bisa dikarenakan lingkungan seperti debu, asap, dan bulu binatang. Selain itu bisa juga disebabkan oleh makanan seperti makanan atau minuman dingin, gorengan, coklat, permen, dan sebagainya.

Jika anak Anda mudah alergi terhadap sesuatu yang dapat  menimbulkan flu dan batuk maka sebaiknya usahakan agar anak jauh dari penyebab alerginya itu. Alergi dapat dihindari dengan meningkatkan imunitas. Selain dengan memberinya makanan bergizi juga dapat dilakukan dengan olahraga.

Anak boleh makan pisang selama anak usianya sudah melewati masa pemberian ASI eksklusif, boleh diberi makan pisang secara bertahap.

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Bolehkah Madu Dicampur Obat Dokter?