Mengatasi Alergi Susu Formula Pada Anak

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter, anak saya berumur 2,5 th. Sehabis minum susu formula langsung batuk. Bagaimana cara mengatasi anak supaya tidak alergi susu formula dan susu formula yang bagaimana yang baik bagi anak Prassetyoningsih. prassetyoningsih@xxx

Jawaban :

Respon batuk pada anak yang terjadi setelah minum susu formula bisa jadi dikarenakan oleh alergi susu formula, mungkin juga karena ketidakcocokan terhadap kandungan pada susu formula tersebut (ex:terlalu manis, tekstur minuman yang sedikit lebih kasar atau suhu minuman yang dingin). Meskipun demikian kita tidak bisa langsung menyalahkan susu formula sebagai penyebab batuk pada anak. Perhatikan faktor lain yang memungkinkan menjadi penyebab batuk anak maupun adanya gejala penyerta.

Untuk mengatasi alergi susu pada anak, antara lain dengan

  • Jangan ragu memberikan ASI pada anak karena kandungan alami pada ASI sangat penting bagi sistem imun bayi, juga tidak akan menimbulkan alergi pada anak.
  • Berikan MP-ASI sesuai pada tahapannya. Pemberian susu sapi hendaknya diberikan saat anak usia 6 bulan ke atas.
  • Apabila ASI tidak dapat diberikan, maka dapat menggunakan susu yang berbahan dasar soya (kedelai), susu hipo allergenic (yaitu susu sapi dengan protein terpecah menjadi molekul yang lebih kecil sehingga dapat mengurangi terjadinya alergi) maupun susu terhidrolisis (yaitu susu yang mengandung asam amino)

Prinsip umum pemilihan susu yang tepat dan baik untuk anak adalah yang sesuai dan dapat diterima oleh sistem tubuh anak. Susu yang baik tidak menimbulkan gangguan saluran cerna (ex: diare, muntah atau kesulitan buang air besar) maupun gangguan lainnya seperti batuk, sesak, gangguan kulit dan sebagainya. Selain itu respon terhadap pemberian susu formula berbeda-beda pada setiap anak. Penambahan seperti AA, DHA maupun prebiotik dapat untuk pertimbangan selama sesuai dan bisa diterima oleh tubuh anak.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar

 

Profil Konsultan

 

dr hafifa fathirun nisa

dr. Hafifa Fathirun Nisa, adalah dokter lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Beliau saat ini menjadi dokter umum Balai Pengobatan Muhammadiyah Kota Depok. Dokter asal Semarang ini juga menjadi dokter di sebuah klinik di Kota Depok.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.