Mengamati Gerakan Pada Janin

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter mau tanya, Istri saya sedang hamil dan usia kandungannya sudah 20 minggu. Tapi kok belum ada gerakan pada janin istri saya ya? Mohon informasinya. Yanggi. yanggisuhandri@xxx

Jawaban :

Pada umumnya, usia kandungan 20 minggu sudah terjadi gerakan-gerakan halus pada janin. Usia kandungan 16-20 minggu, seorang ibu hamil dapat merasakan gerakan pada janin seperti tendangan maupun tonjolan yang disebut juga dengan fase quickening.
Waktu terbaik untuk mengamati gerakan pada janin yaitu pada saat Anda tidur atau berbaring santai. Selain itu, gerakan pada janin juga dapat diamati di pagi hari ketika bangun tidur. Jika janin malas bergerak maka Anda dapat merangsangnya.
Apabila tetap tidak ada gerakan sama sekali, ibu hamil penting untuk mewasdainya dan sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui lebih jelas keadaan janin dalam kandungan Ibu.

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Mengatasi Kepala Peyang Pada Bayi