Mencegah Mabuk Perjalanan Pada Anak

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter, kenapa anak saya setiap melakukan perjalanan selalu mabuk. Bagaimana cara mengatasinya? Harjitoa. aryakamandanu826@xxx

Jawaban :

Mabuk perjalan adalah suatu kondisi yang menimbulkan rasa pusing, mual dan ingin muntah saat melakukan perjalanan jauh. Mabuh perjalanan dapat dirasakan oleh siapa saja tanpa terkecuali anak-anak. Kondisi seperti ini dapat terjadi pada anak-anak salah satu penyebabnya adalah trauma psikis.

Solusi untuk mengatasi mabuk perjalanan pada anak

  1. Komunikasikan pada anak, apa yang menyebabkan mabuk. Misalnya karena bau bensin, tidak tahan dengan AC dan lain sebagainya.
  2. Berikan obat anti mabuk satu jam sebelum melakukan perjalanan jauh.
  3. Latih pelan-pelan, mulai dari perjalanan jarak dekat terlebih dahulu sebelum perjalanan jauh.
  4. Pilih posisi duduk yang tepat karena posisi duduk yang tidak nyaman dapat menyebabkan mabuk perjalanan.
  5. Makan secukupnya saat akan melakukan perjalanan jauh.

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Sembelit Pada Bayi