Mencegah Gondongan Agar Tidak Menular

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Mau nanya neh ada gak cara untuk mencegah agar gondongan tidak menular? Gista. ten_teaaa@xxx

Jawaban :

Gondongan disebut juga dengan parotitis. Penyakit gondongan atau dalam bahasa medisnya parotitis/ mumps yaitu suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang sifatnya menular. Sesuai dengan namanya parotitis, dimana virus menyerang bagian kelenjar parotis (kelenjar ludah) letaknya antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.

Gondongan dapat menular melalui air ludah, bersin, cairan urin dan muntahan. Jika seseorang pernah terkena gondongan, umumnya tidak akan pernah terkena lagi asalkan kekebalan tubuhnya terjaga dengan baik. Namun jika kekebalan tubuh menurun, penyakit gondong akan menyebabkan komplikasi dengan mengenai organ tubuh yang lain.

Pencegahan agar gondongan tidak menular : Usahakan tidak berdekatan atau menghindar, menjaga stamina dan makanan yang bergizi, tempat tidur untuk sementara terpisah.

Cara penyembuhan : istirahat cukup, makan minum yang bergizi, vitamin dan memperkuat system imun.

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Mengatasi Alergi Susu Formula Pada Anak