Fungsi Utama Tulang Tengkorak

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter, tengkorak belakang anak saya lembut sekali dari lahir. Sekarang berumur 1 minggu, apakah itu normal atau berbahaya. Soalnya dia seperti tidak mempunyai tengkorak belakang. Mohon informasinya. Bakrianto. beck_anto@xxx

Jawaban :

Fungsi utama dari tulang tengkorak adalah melindungi otak, dimana otak merupakan organ yang vital dan cukup lunak serta memiliki fungsi yang sangat penting. Saat bayi lahir ke dunia, bagian-bagian pada tulang tengkorak kepala belum menyatu dengan sempurna sehingga masih sangat rawan.

Tulang tengkorak pada kepala tersebut akan menyatu dan membentuk tempurung kepala seiring dengan pertumbuhan usia bayi. Tulang tengkorak pada bagian kepala terdiri dari 10 buah tulang yaitu, 2 tulang ubun-ubun, 1 tulang tengkorak belakang, 2 tulang tapis, 1 tulang dahi, 2 tulang pelipis dan 2 tulang baji.

Jika buah hati Anda tidak memiliki tengkorak belakang maka kami sarankan untuk segera dibawa ke dokter untuk memastikan kebenarannya dan supaya segera mendapatkan penanganan. Karena, jika benar seorang bayi tidak memiliki tulang tengkorang belakang maka cukup berbahaya.

 

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Mencegah Gondongan Agar Tidak Menular