Dampak Pil KB

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Dokter mau tanya, Umur saya 21 tahun. Pernah memiliki anak yang lahir premature usia 7 bln kurang 1 minggu. Setelah 16 hari bayi akhirnya meninggal. Ikut program KB selama 1 tahun. Karena ingin memili anak lagi, saya berhenti KB. Namun, sudah 2 bulan belum juga hamil. Kenapa ya dok? Ira. anjiekkere@xxx

Jawaban :

Mengikuti program KB biasanya dilakukan oleh sebagian besar wanita untuk mengendalikan kehamilan dengan alasan sudah memiliki anak banyak atau ingin menunda masa kehamilan demi karier dan menunggu hingga kedua belah pihak siap.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa program KB juga akan membuat pasangan suami istri kesulitan saat mereka berniat untuk memiliki anak. Mengapa? Karena setelah seseorang berhenti meminum pil KB atau menghentikan program KB nya, badan akan menjadi terlalu gemuk atau bisa juga terlalu kurus sehingga terjadi perubahan hormon. Perubahan hormon yang terjadi pada saat mengkonsumsi pil KB dan setelah melepasnya itulah yang membuat pasangat sulit memiliki anak.

Walaupun pil KB adalah salah satu cara yang bisa dibilang paling efektif untuk menunda masa kehamilan, namun tidak ada jaminan KB yang terbaik dan untuk mengembalikan kesuburan seperti semula setelah penggunakan pil KB dihentikan cukuplah sulit.

Solusi agar seorang istri bisa cepat hamil, lakukan hubungan suami istri pada saat istri dalam masa subur yaitu 14 hari sebelum mentruasi yang akan datang.

 

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

BACA JUGA:  Mengatasi Bau Tidak Sedap di Daerah Kewanitaan

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.