Bolehkah Madu Dicampur Obat Dokter?

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Mau tanya, anak saya berusia 10 bulan sedang mengalami diare, panas dan muntah. Bolehkah memberikan anak madu dicampur dengan obat dokter? Hamka. dirtana17@xxx

Jawaban :

Madu adalah cairan kental yang memiliki rasa manis. Madu dihasilkan oleh lebah yang berasal dari nectar bunga kemudian diproses oleh lebah-lebah pekerja. Kemudian disimpan dalam sel-sel sarang lebah. Madu asli atau murni sejak jaman dulu sudah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dalam penyembuhan berbagai macam penyakit. Madu juga baik untuk perkembangan otak anak.

Lalu jika anak sakit, bolehkah memberikan anak madu dicampur dengan obat dokter?

Pada prinsipnya madu boleh dicampur dengan obat, selama madu yang digunakan adalah madu murni. Namun, jika madu yang digunakan sudah ada tambahan bahan lain atau bukan madu murni maka sebaiknya diberikan selang waktu sebelum atau sesudah minum obat dokter.

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  BAB bayi Berlendir