Benjolan Pada Pantat

Pertanyaan :

Assalammu’alaikum. Dokter mau tanya, disekitar pantat saya terdapat benjolan. Akan tetapi tidak terasa sakit saat duduk maupun saat sedang beraktifitas. Apakah benjolan itu berbahaya? Ade. ade_namikaze@xxx

Jawaban :

Pada prinsipnya benjolan atau tumor ada 2 macam yaitu tumor ganas dan tumor jinak. Tumor disebut juga dengan neoplasma. Tumor dapat terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak sebagaimana mestinya, dan biasanya akan mengakibatkan suatu pembengkakan atau benjolan.

Pertumbuhan tumor jinak biasanya cenderung lebih lambat dibandingkan dengan tumor ganas sehingga tidak cepat membesar dan biasanya berkapsul sehingga mudah untuk dibedakan dengan jaringan yang ada disekitarnya.

Tumor ganas pertumbuhannya lebih cepat dan cenderung bervariasi dengan jaringan yang ada disekitarnya sehingga batasannya tidak tegas atau jelas. Beberapa sel kanker juga dapat terlepas dari jaringan kanker induknya dan terbawa oleh darah ataupun getah bening sehingga bisa tersangkut di jaringan tubuh lainnya.

Bagian dari tubuh yang mengalami peradangan biasanya memiliki tanda-tanda sebagai berikut :

  1. Tumor atau membengkak
  2. Calor atau menghangat (panas)
  3. Dolor atau nyeri
  4. Rubor atau memerah
  5. Functio laesa atau daya pergerakan menurun

Untuk mengetahui bahaya atau tidaknya suatu benjolan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat segera ditangani.

 

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Program Kehamilan