Bahaya Melakukan Hubungan Intim Saat Haid

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter mau tanya, beberapa hari ini saya pernah melakukan hubungan intim dengan suami saat saya sedang haid. Tapi suami saya memakai pengaman (kondom). Sebenarnya, resiko apa saja yang dapat ditimbulkan kalau berhubungan intim saat haid? Terima kasih. Andi Tyka. trinatahier@xxx

Jawaban :

Secara agama, melakukan hubungan intim pada saat istri sedang haid itu di haramkan. Telah tertulis dalam surat Al-Baqarah : 222 yang artinya :

“Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: “Haid itu adalah kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.”(QS. Al-Baqarah: 222)

Oleh sebab itu, melakukan hubungan intim saat haid itu sangat dilarang. Kenapa? karena pada saat itu kondisi rahim dalam keadaan lemah sehingga penyakit dan bakteri sangat mudah menyerang rahim. Saat itu juga daya tahan rahim tidak berfungsi sehingga bakteri akan tumbuh subur dan akan beresiko pada kemandulan dan terjadinya infeksi.

Selain itu juga dapat terjadi gelembung udara, jika gelembung udara tersebut masuk ke aliran darah dan menghambat peredaran darah maka akan berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Maka dari itulah, janganlah melakukan hubungan intim saat haid demi kesehatan dan demi mematuhi aturan agama Islam.

 

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

BACA JUGA:  Tips Menjaga Kehamilan Demi Kesehatan

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.