BAB Hitam dan Keras Pada Bayi

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter, mau tanya. Anak saya berusia 10 hari. BABnya berwarna hitam, keras dan berbau menyengat. Apakah itu normal atau tidak? Yuaniar. Just_yunze@xxx

Jawaban :

Beberapa susu formula yg banyak mengandung zat besi atau mengikat zat besi dapat menyebabkan BAB berwarna hitam. Tetapi perlu di pastikan juga BAB benar berwarna hitam atau kuning kehijauan, soalnya beda warna beda penyakit. Bab warna hitam bisa jg dikarenakan adanya perdarahan dalam saluran cerna.

Pada bayi usia 0-6 bulan saluran pencernaannya masih imatur atau masih belum siap untuk mencerna minuman atau makanan selain ASI (susu formula, red). Sehingga bisa menjadikan BAB menjadi keras. Untuk itu sebaiknya ibu menggunakan cukup ASI saja sampai usia 6 bulan yang lebih cocok untuk pencernaaan bayi. Bayi yang dehidrasi (kurang minum) jg bisa menyebabkan BAB keras.

Untuk bau yang menyengat, kami belum bisa memastiksan apakah bau menyekat ini normal atau tidak. Kerena bau yang menyengat bersifat relatif, normal atau tidaknya,

Kami menyarankan agar Anda membawa anak Anda ke dokter umum atau dokter spesialis anak untuk dilakukan untuk memastikan penyebab feses berwarna hitam dan bau feses yang menyengat ini.

Profil Konsultan

 

dr hafifa fathirun nisa

dr. Hafifa Fathirun Nisa, adalah dokter lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Beliau saat ini menjadi dokter umum Balai Pengobatan Muhammadiyah Kota Depok. Dokter asal Semarang ini juga menjadi dokter di sebuah klinik di Kota Depok.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Mengatasi Batuk Disertai Muntah Pada Anak