BAB bayi Berlendir

Pertanyaan :

Assalamualaikum. Dokter, anak saya berusia 2 bulan. BAB nya encer dan berlendir. Kadang seperti ada biji-bijiannya. Sering kentut, BAB dan perut kembung. Kalau kentut juga sering keluar kotorannya. Tapi berat badan terus naik, terakhir 4,2. Kenapa ya dok? Bayi saya minumnya susu formula. Anhy. bspzhalemmi@xxx

Jawaban :

Pada prinsipnya feses atau kotoran merupakan limbah yang dikeluarkan oleh tubuh dari proses pencernaan makanan. Kondisi feses atau kotoran secara normal dipengaruhi oleh asupan nutrisi dan kondisi kesehatan sistem pencernaan pada tubuh. Warna, tekstur, kekentalan feses yang tidak lazim bisa jadi merupakan satu tanda yang penting untuk diwaspadai.

Pada usia bayi 2 bulan sebaiknya ibu memberikan ASI eksklusif hingga berusia 6 bulan, jika tidak terjadi masalah pada persusuan atau payudara ibu. Karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi.

Jika BAB bayi berlendir sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan mengetahui penyebabnya.

 

Profil Konsultan :

foto dr.farida

dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes, adalah seorang dokter yang juga aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Departemen Mikrobiologi Fak. Kedokteran UII dan juga Kepala Program Pendidikan S1 (Tahap Umum dan Terintegrasi). Selain ilmu kedokteran, beliau juga mendalami ilmu fiqh muslimah.

Rubrik Konsultasi Kesehatan, TIDAK TERKAIT Dengan Produk Apapun yang ditawarkan di website ini, murni fasilitas yang diberikan untuk menjawab kebutuhan informasi kesehatan para pengunjung setia PondokIbu.com.

BACA JUGA:  Penyebab Terlambatnya Haid Pertama