Bayi & Anak, Kesehatan

Ketahui Bahaya Bayi Jatuh Dari Tempat Tidur

Share Yuk!

ketahui-bahaya-bayi-jatuh-dari-tempat-tidurAnda perlu mengetahui apa bahaya bayi jatuh, terutama jika anda baru menjadi orang tua. Banyak wanita yang baru menjadi ibu tidak mengetahui bahaya akibat bayi terjatuh. Apalagi jika bayi terjatuh dari tempat tidur akan sangat berbahaya bagi kesehatan bayi. Terutama pada jarak tempat tidur bayi dengan lantai yang terlalu tinggi bisa membuat bayi terbentur keras di lantai. Hal tersebut bisa mengakibatkan bayi mengalami resiko terkena cidera. Oleh karena itu bagi orang tua harus ekstra melakukan pengawasan memantau bayinya. Berikut ini berbagai macam bahaya  jika bayi terjatuh dari tempat tidur dan juga tempat yang tinggi.

1. Kerusakan tengkorak pada kepala bayi

Jika bayi terjatuh dari tempat tinggi minimal 50 cm resiko yang bisa terjadi adalah tengkorak kepala bayi akan mengalami kerusakan. Kerusakan itu misalnya saja retak dan bentuk tengkorak bayi berubah. Saat perkembangan janin dalam kandungan, hingga bayi sampai dengan usia 2 tahun tengkorak bayi masih sangat elastis, sehingga jika terkena benturan keras bisa rusak dan berubah bentuk.

2. Penggumpalan Darah

Banyak yang tidak menyadari jika otak terdapat gumpalan darah setelah jatuh dan terbentur. Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi bayi saja, namun orang dewasa dan orangtua pun harus waspada dengan penggumpalan darah di otak jika kepalanya sempat terbentur. Penggumpalan darah ini terjadi ketika benturan di kepala mengakibatkan pembekuan darah di pembuluh darah, akibatnya darah yang membeku akan menghambat aliran darah. Jika aliran darah di otak tidak lancar dan terhambat akibatnya adalah berbagai macam gangguan otak pun bisa terjadi.

3. Kesadaran Menurun

Bayi yang jatuh dari tempat tidurnya akan mengalami kesadaran yang menurun hal ini dikarenakan syaraf pusatnya terganggu. Bayi bisa pingsan secara tiba-tiba bahkan bayi bisa mengalami koma jika benturan yang terjadi di kepalanya sangat keras.

BACA JUGA:  Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Gegar Otak pada bayi

Bayi yang terjatuh dari tempat tidur akan rentan mengalami gegar otak. Orangtua patut waspada jika bayi yang terjatuh dari tempat tidur mengalami gejala atau hal-hal seperti di bawah ini :

  • Mual dan muntah
  • Pingsan
  • Muntah darah

5. Terganggunya Saraf Pusat  Bayi

Hal fatal lainnya yang menjadi akibat dari terjatuh dari tempat tidur adalah bayi akan mengalami kerusakan susunan di syaraf pusatnya. Syaraf pusat berada di otak jika syaraf pusat terganggu tentunya hal itu bisa berakibat pada syaraf-syaraf yang dibawahnya atau berpusat padanya. Jangan pernah mengabaikan kerusakan yang terjadi di syaraf pusat.

 

Pencegahan Agar Bayi Tidak Jatuh Dari Tempat Tidur

  • Hindari memakai ranjang. Untuk bayi yang sudah bisa merangkak sebaiknya orangtua tidak menggunakan ranjang. Ada baiknya orangtua hanya menggunakan kasur untuk tidur. Hal itu untuk menghindari bayi terjatuh dari tempat tidur.
  • Jangan gunakan box bayi. Untuk bayi yang sudah bisa merangkak penggunaan box bayi juga dihindari. Meski box bayi dilengkapi dengan kunci bukan berarti orangtua bisa bernafas lega, hal itu dikarenakan bayi bisa merangkak naik ke atas box bayi kemudian terjatuh.
  • Jangan tinggalkan bayi sendiri. Bayi membutuhkan pengawasan ekstra. Pengawasan extra harus dilakukan ketika bayi sudah bisa tengkurap. Jangan sampai ada hal yang membahayakan bayi anda ketika anda meninggalkan bayi anda sendiri. Pencegahan yang tepat bisa menghindarkan dari bahaya akibat bayi terjatuh dari tempat tidur.
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 120 x 200

Sprei Waterproof Import 120 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Herba Androbi, Obat Antibiotik Alami

Herba Androbi, Obat Antibiotik Alami

Herba androbi merupakan obat herbal alami yang dibuat dari macam-macam tanaman obat pilihan yang digunakan ....
Teh Herbal Curcuma, Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Teh Herbal Curcuma, Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Teh herbal curcuma adalah minuman kesehatan spesial yang didalamnya mengandung rimpang temulawak. Dipadukan dengan daun teh ....