Bayi & Anak, Kesehatan

Kenali Penyebab Penyakit Polio Pada Bayi

penyakit polio pada bayiPenyakit polio merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menimpa semua kelompok usia. Namun, umumnya penyakit polio ini menimpa anak sejak bayi atau balita. Sampai dengan usia bayi 6 bulan, tubuh bayi umumnya masih mempunyai kekebalan pasif dari seorang ibu selama di dalam kandungan. Tetapi kekebalan tubuh tersebut berangsur-angsur akan menurun. Karena itulah vaksinasi untuk penyakit polio dianjurkan dipersiapkan sejak usia dini.

Apa yang menjadi penyebab penyakit polio harus dihindari sejak bayi atau anak usia dini, salah satunya dengan melakukan imunisasi pada bayi. Imunisasi merupakan proses pemasukan vaksin hidup ke dalam tubuh bayi yang berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi. Bekerjanya vaksin hidup di dalam tubuh tersebut akan ditandai dengan timbulnya demam pada anak. Maka dari itu, jika terjadi demam pada anak setelah imunisasi, maka bunda janganlah terlalu khawatir karena kondisi seperti itu adalah hal wajar.

Imunisasi bertujuan untuk mencegah penyakit polio pada bayi bisa dilakukan secara bertahap maupun secara simultan. Sekarang ini masih banyak para bunda yang memilih untuk memberikan imunisasi secara bertahap yaitu imunisasi yang diberi jarak waktu antara imunisasi yang satu dengan imunisasi yang lainnya.

Sedangkan imunisasi secara simultan merupakan pemberian imunisasi pada bayi yang dilakukan secara langsung dalam waktu satu kali pertemuan dengan beberapa suntikan. Pemberian imunisasi secara simultan ini aman untuk bayi, jadi bunda tidak perlu khawatir, bahkan pemberian imunisasi dengan cara ini memiliki beberapa keuntungan seperti menghemat waktu. Selain itu, imunisasi secara simultan ini bayi juga akan mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik sejak usia dini dan tentu saja hal ini sangat baik bagi kesehatan bayi dan perkembangan bayi.

Penyebab Penyakit Polio Pada Bayi

Polio merupakan penyakit kelumpuhan yang disebabkan karena virus polio. Penyakit polio adalah penyakit menular yang cara penularannya dapat melalui berbagai cara diantaranya yaitu dengan penularan secara langsung antara penderita dengan orang yang lain, melalui air ludah serta melalui kotoran penderita polio.

Virus polio bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut dan berkembang biak di dalam tenggorokan dan saluran pencernaan, kemudian akan diserap dan disebarkan ke seluruh bagian tubuh melalui sistem pembuluh darah dan juga pembuluh getah bening.

Beberapa bayi mungkin saja memiliki resiko terkena penyakit polio, kondisi yang menyebabkan kemungkinan besar anak terkena penyakit polio adalah bayi yang melum mendapatkan imunisasi polio. Hal inilah mengapa bunda sangat dianjurkan untuk melakukan imunisasi pada bayi untuk mencegah penyakit polio pada bayi dan demi menjaga kesehatan bayi.

Penyebab penyakit polio pada bayi yang lainnya adalah membawa bayi bepergian ke daerah yang masih bayak ditemukan virus polio. Terdapat luka pada mulut dan juga hidung. Jadi, sangat penting bagi bunda untuk memberikan imunisasi kepada bayi sebagai langkah pencegahan penyakit polio pada bayi karena bayi 6 bulan atau balita masih memiliki sistem imun lemah sehingga akan sangat mudah terjangkit oleh penyakit polio.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://archives.dailytimes.com.pk/print_images/456/2007-05-22/polio-work-put-off-in-fear-of-violence-1201.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Tas Bayi Dialogue Motif Binatang Berukuran Sedang

Tas Bayi Dialogue Motif Binatang Berukuran Sedang

Tas Dialogue ini adalah tas bayi dengan berbagai motif binatang lucu berukuran sedang (medium). Dengan ....
Sendok Boon Squirt Perlengkapan Bayi yang Simple

Sendok Boon Squirt Perlengkapan Bayi yang Simple

Sendok boon squirt adalaha pelengkap bayi yang berberbentuk botol sekaligus sendok yang di gunakan bunda ....
Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong instan Dita adalah salah satu bedong bayi yang pemakaiannya sangat mudah. Pertama buka bedong, ....