Kenali Gejala Tumor Jinak Pada Payudara

kenali-gejala-tumor-jinak-pada-payudara

Tumor payudara jinak tentu akan menjadi momok bagi para wanita karena kita tahu bahwa payudara adalah salah satu bagian dari  kecantikan pada seorang wanita. Namun apa jadinya jika bagian payudara terserang tumor, mungkin bisa berbahaya atau juga tidak. Tumor payudara adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya bagi wanita dan bisa menyebabkan kematian.

Tumor Payudara Jinak tidak mematikan dan tumor jenis ini sering disebut dengan FAM (Fibroadenomamammae). Tumor jenis ini biasanya berbentuk benjolan pada bagian payudara, dimana berisi gumpalan lemak yang terbungkus/dilindungi oleh sesuatu yang menyerupai sebuah kantong. Tumor jenis ini tergolong jinak/tidak berbahaya dan juga tidak menyerang/menyebar ke anggota tubuh yang lainnya.

Namun meskipun Tumor Payudara ini tidak berbahaya, tumor ini sering kali menyerang wanita yang berusia antara 16 – 30 tahun dan tentunya kejadian ini juga cukup mengganggu dan meresahkan para penderitanya. Lalu bagaimanakah cara mengenali bahwa tumor payudara yang menyerang anda adalah Tumor Payudara Jinak?

Beberapa dokter spesialis bedah tumor mengungkapkan bahwa Tumor Payudara yang tidak berbahaya, kemungkinan besar akan menyerang para wanita yang berusia 40 tahun ke atas yang belum pernah melahirkan. Ini dikarenakan wanita yang belum pernah melahirkan, kadar estrogennya belum pernah menurun.

Kemudian beberapa ciri tumor payudara yang tidak berbahaya ini dapat dikenali dari adanya benjolan yang terasa nyeri pada ketiak, kemudian adanya cairan yang keluar dari puting payudara, bagian payudara akan terasa nyeri sampai ke punggung sampai pada bagian puting payudara yang masuk (mengendur) hingga ke dalam. Namun ada kalanya ciri diatas ini kembali normal saat siklus PMS (Pra Menstruasi Sindrom) berakhir.

Nah karena itulah para ahli bedah Tumor sangat menganjurkan pada para wanita untuk melakukan pengecekan payudara sendiri dengan cara meraba payudara bergerak memutar mengelilingi daerah puting payudara dan dilakukan searah dengan jarum jam. Coba perhatikan apakah ada bentuk perubahan pada payudara seperti benjolan yang keras atau terasa nyeri saat dipegang, kemudian bentuk yang tidak semestinya, atau mungkin juga kulit dan puting yang mengkerut. Jika anda menemukan tanda yang aneh pada payudara anda dan curiga adanya tumor payudara jinak, maka segeralah  ke dokter.

69 Comments

  1. saya berusia 20th, saya ingin bertanya akhir akhir ini saya merasakan sesak tiba” dan sakit dibagian payudara saya terutama sebelah kiri saya merasa ada benjolan dipayudara saya.. saya sudah rontgen dan cek darah tapi tidak ada apa”.. bagaimana dok? apa itu trmasuk tumor payudara??

    • Selamat pagi. Tumor disebut juga dengan neoplasma yang dapat terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak sebagaimana mestinya, dan biasanya akan mengakibatkan pembengkakan atau suatu benjolan. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Jika benjolan pada payudara tersebut terkadang membuat Anda sesak maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab jelasnya. Terima kasih.

  2. malam dok . saya fany usia 17 tahun .akhir2 ini di payudarah sebelah kanan saya suka terasa nyeri di bagian kanan luar di malam hari dan suka menegang tidak seperti biasanya . apa itu gejalah kangker dok? terimakasih

    • Selamat pagi. Nyeri pada payudara merupakan hal biasa yang sering dialami oleh wanita dan mereka mungkin akan merasakan gejala yang berbeda-beda. Beberapa payudara pada wanita akan terasa nyeri ketika mereka sedang haid, sementara itu pada beberapa kasus lain wanita akan merasakan nyeri pada payudara pada keseluruhan siklus. Sehingga untuk mengetahui bahaya tidaknya rasa nyeri pada payudara tersebut ada baiknya dibawa periksa lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui jenis penyebab nyeri tersebut. Terima kasih.

  3. Dok, saya wanita berusia 22 tahun. saya ada keluhan pada payudara saya. . . kedua payudara saya terdapat benjolan yang keras seperti batu. . . akhir-akhir ini sering terasa nyeri sampai ke punggung! kadang pula saya merasa sesak ! apakah saya terkena penyakit tumor / kanker panyudara ? mohon penjelasannya, , , Dok! terima kasih.

    • Selamat Pagi. Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Untuk mengetahui bahaya tidaknya suatu benjolan pada payudara tersebut ada baiknya dibawa periksa lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui jenis benjolan tersebut. Terima kasih.

  4. saya febi umur 17 tahun, saya punya keluhan di payudara bagian kiri saya terdapat benjolah yang cukup besar dan rasanya sakit, sekarang ini benjolan tersebut sudah mulai berpindah tempat dan terjadi pembengkakan, apakah ini di sebut dengan tumor dok???/

    • Selamat sore. Tumor disebut juga dengan neoplasma yang dapat terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak sebagaimana mestinya, dan biasanya akan mengakibatkan pembengkakan atau suatu benjolan.Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas.Untuk benjolan yang cukup besar, menyebabkan rasa sakit dan mengalami pembengkakan sebaiknya segera periksakan ke dokter agar segera diketahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan secara tepat. Terima kasih.

  5. Saya jannah 19 tahun.. akhir-akhir ini saya merasa sesak nafas dan sakit pada payudara pada malam hari serta ada benjolan kecil di bawah payudaraku sebela kiri..
    saya belum periksa kedokter dok.. soalnya takut..
    apakah itu kanker payudara dok?

    • Selamat pagi. Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Sehingga untuk mengetahui bahaya tidaknya suatu benjolan pada payudara tersebut ada baiknya dibawa periksa lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui jenis benjolan tersebut. Terima kasih.

  6. Umur saya 21tahun .. Setahun yg lalu seya sempet di oprasi dokter mengatakan saya terkena FAM .. tapi akhir-akhir ini saya sering merasakan sakit yg belum di rasakan di sekitar payudara .. Emang sih saakit ya gk terus menerus tp kadang2 dan sakitnya ituh ke punggung ke tanganpun terasa lemes dan gk ada tenaganya terasa kesemutan .. Kenapa ituh ya dok ??

    • Selamat pagi. Untuk mengetahui lebih jelas akan kondisi yang sedang Anda alami. Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kembali pada dokter ahli bedah atau dokter yang pernah menangani operasi Anda sebelumnya. Terima kasih

  7. Dok,umur saya 30 tahun,saya punya keluhan pada payudara saya sblh kanan dan mengeras bila d sentuh terasa sakit,saya punya keluhan tersebut 3bln yg lalu,saya pernah ke bidan trs d kasih obat dan sakit sm mengerasnya ilang dan kambuh lagi setelah bln berikutnya,apakah itu bisa d sebut gejala tumor payudara,makasih y dok

  8. Saya wanita berusia 22th,hampir 2th ini saya merasakan benjolan pd payudara saya sebelah kanan bagian bawah,benjolalan seperti biji salak dan keras,sering kali saya merasakan sakit,dan stlah saya prhatikan bentuk payudara kanan dgn kiri berbeda,lbh kecil sebelah kanan(trdpt benjolan) namun sampai saat ini blm prnh sy periksakan kedokter,alasannya krn saya takut,pertanyaan saya adalah apakah itu brbahaya,apakah itu salah 1 gejala tumor?mohon dijlskan,trimakasih.

    • Selamat pagi.
      Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Untuk lebih jelasnya silahkan baca mengetahui bahaya tidaknya benjolan pada payudara.

  9. Umur saya 19 tahun, di payudara saya seblah kiri ada benjolan yg mengeras, besarnya sperti uang koin 500 yg perak itu, kalau d pgang rasanya nyeri bnget. ªpª kah ini tumor atau ªpª dok ? Benjolan ini sdah skitar 5 hari yg lalu, dan payudara saya kemerahan dan bengkak, smpai saat ini saya blum priksa k dokter, ada ªpª dngan payudara saya dok, mohon penjelasannya dok. Makasii

    • Selamat siang.
      Benjolan yang kemerahan dan bengkak, itu lebih cenderung kepada terjadinya infeksi atau peradangan. Untuk lebih jelasnya Anda dapat membaca benjolan pada payudara. Semoga bermanfaat.

  10. Saya wanita berusia 27thun. Sy mengidap kista coklat yg kalo dtg bulan suka sakit’a smpe kadang membuat sya keluar msuk RS
    Kista sblah kiri sy 10.9 cm.
    Payudara sy tdk ada benjolan. Tapi puting seblah ‘a kiri sering skali gatal.. Apakah ada hubungan’a kista sy dengan kesehatan payudara sy. Dan apakah gatal di payudara sy berbahaya
    Makasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.