Tumbuh Kembang Anak

Kebutuhan Untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

tumbuh kembang anakDalam tumbuh kembang anak banyak sekali faktor yang mempengaruhinya apabila menginginkan anak akan tumbuh kembang dengan benar. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita diperlukan beberapa hal.  Semuanya dibutuhkan agar anak-anak mencapai tumbuh kembang yang optimal, cerdas, kreatif, dan kelak dapat berperilaku baik.

Kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak antara lain:

  • Kebutuhan fisik-biologis

Kebutuhan fisik-biologis merupakan kebutuhan meliputi gizi (ASI dan makanan pendamping ASI), imunisasi, kebersihan badan, dan lingkungan tempat tinggal, pengobatan, bergerak dan bermain. Kebutuhan fisik-biologis terutama berpengaruh pada pertumbuhan fisik, termasuk otak, alat penginderaan, dan alat gerak untuk mengeksplorasi lingkungan sehingga berpengaruh pada berbagai kecerdasan anak.

  • Kebutuhan asih (kasih sayang)

Kebutuhan kasih sayang, terutama rasa dilindungi, rasa aman dan nyaman, diperhatikan dan dihargai, didengar keinginan atau pendapatnya, tidak mengutamakan hukuman dengan kemarahan, tetapi lebih banyak memberikan contoh-contoh dengan penuh kasih sayang dan kegembiraan. Kebutuhan kasih sayang besar pengaruhnya pada kemandirian dan kecerdasan emosi.

  • Kebutuhan asah (stimulasi bermain sejak dini)

Kebutuhan stimulasi bermain meliputi berbagai permainan yang merangsang semua indera (pendengaran, penglihatan, sentuhan, membau, mengecap), merangsang gerakan kasar dan halus, berkomunikasi, emosi-sosial, kemandirian, berpikir, dan berkreasi. Kebutuhan stimulasi bermain sejak dini akan besar pengaruhnya pada berbagai kecerdasan anak.

sumber gambar : http://www.appleaday.eu/images/slider-2.jpg
BACA JUGA:  5 Makanan Sehat Pendukung Tumbuh Kembang Anak