Bayi & Anak, Kesehatan

Kebiasaan Buruk Anak Yang Dapat Merusak Gigi

kebiasaan-buruk-anak-yang-dapat-merusak-gigi

Kesehatan merupakan hal yang terpenting terutama bagi anak – anak. Terlebih lagi menjaga kesehatan gigi anak yang suka makan makanan yang manis. Namun selain hal tersebut ada beberapa kebiasaan anak yang dapat merusak gigi. Lalu apa saja yang menjadi kebiasaan buruk anak yang dapat merusak gigi? berikut ini ulasannya.

1. Minum susu menggunakan dot

Kebiasaan minum susu dengan menggunakan botol dot dapat merusak gigi apalagi jika hal tersebut dilakukan di malam hari menjelang tidur. Karena susu formula mengandung gula dan akan merendam gigi apabila tidak di basuh dengan air putih atau di bersihkan terlebih dahulu. Kebiasaan tersebut akan membuat gigi anak menjadi berlubang.

2. Makanan manis dan bersoda

Selain tidak memiliki fungsi dan nutrisi minuman bersoda mengandung banyak sekali gula. Sama halnya dengan minuman manis, entah itu dalam kemasan maupun membuat sendiri. Apalagi jika mengkonsumsi makanan manis, karena makanan manis dapat memicu terbentuknya plak dan produksi asam oleh bakteri sehingga rongga mulut menjadi lebih asam dan menyebabkan terjadinya demineralisasi email.

3. Menghisap Jari

Menghisap ibu jari memang memberikan rasa nyaman pada anak. Namun hal tersebut dapat mempengaruhi bentuk kontur rahang, menyebabkan gigi tidak tumbuh beraturan dan akan mempengaruhi saat mengunyah makanan.

4. Menggigit benda keras

Anak yang memiliki kebiasaan menggigit benda keras seperti kuku, pensil, jepit rambut dan lain sebagainya dapat menyebabkan gigi seri berputar sehingga letaknya menjadi miring. Selain itu menggigit benda keras dapat menyebabkan gigi trauma. Selain itu jika anak memasukkan pensil, kuku atau jepit rambut ke dalam mulut akan membuat bakteri yang ada di dalamnya menyebabkan gangguan pencernaan.

BACA JUGA:  Pentingnya Imunisasi Campak Pada Anak

5. Menahan makanan dalam mulut

Ketika anak makan biasanya sang anak masih  menahan makanan di dalam mulutnya. Hal tersebut sangatlah tidak baik karena dapat menyebabkan terjadinya karies rampan. Selain itu mengemut makanan yang lama dalam rongga mulut akan menyebabkan gigi berlubang.

Hal ini dikarenakan pada saat mulut tertutup, produksi saliva berkurang. Padahal karbohidrat dalam sisa makanan yang berada dalam rongga mulut akan difermentasikan oleh bakteri menjadi asam sehingga dapat memicu penyebab gigi berlubang.

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif merupakan pembalut yang dirancang khusus untuk wanita yang aktif di ....
Vyliner Spray, Pemutih Kulit Wajah dan Tubuh

Vyliner Spray, Pemutih Kulit Wajah dan Tubuh

Vyliner spray adalah produk jenis spray yang bermanfaat sebagai pemutih kulit wajah dengan formula yang ....
Prilly-De Lightening Herbal Soap,Mencerahkan Kulit dan Menghilangkan Jerawat

Prilly-De Lightening Herbal Soap,Mencerahkan Kulit dan Menghilangkan Jerawat

Prilly-De Lightening Herbal Soap adalah sabun alami untuk mencerahkan kulit  wajah terbuat dari bahan-bahan alami yang ....