Ini Penyebab Utama Pusing Pada Ibu Hamil

penyebab pusing pada ibu hamilPada masa kehamilan, didalam tubuh ibu hamil sering mengalami perubahan hormon. Sehingga, ibu hamil akan mengalami beberapa konsekuensi yang tidak mereka inginkan dengan perubahan hormon tersebut. Misalnya saja adalah keluhan ibu hamil seperti rasa pusing dan ingin pingsan selama masa kehamilan.

Penyebab Pusing Pada Masa Kehamilan

Saat hamil, sistem kardiovaskular akan mengalami perubahan drastis dimana detak jantung akan naik sehingga jumlah darah di dalam tubuh juga akan bertambah hingga 45 persen. Pada masa kehamilan normal, tekanan darah secara bertahap akan berkurang di awal kehamilan hingga mencapai titik terendah di tengah usia kehamilan. Selanjutnya akan mulai naik pada usia kehamilan akhir.

Biasanya sistem kardiovaskular dan sistem syaraf ini akan mampu menyesuaikan diri dengan adanya perubahan tersebut. Akan tetapi, pada beberapa ibu hamil tidak mampu menyesuaikan diri. Ketidakmampuan itulah yang bisa menjadi penyebab pusing pada ibu hamil bahkan ingin pingsan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penyebab pusing lainnya pada ibu hamil.

1. Melebarnya pembuluh darah

Perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan dapat melebarkan pembuluh darah. Karena itu, tubuh ibu hamil akan mengalirkan darah lebih banyak kepada janin. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa detak jantung ibu hamil akan meningkat dan darah yang dipompa secara otomatis juga akan meningkat. Akibatnya ibu hamil akan merasakan pusing.

2. Meningkatnya aliran darah

Meningkatnya aliran darah ke janin dalam kandungan berarti juga bahwa tekanan darah ibu hamil akan menurun. Sebenarnya sistem kardiovaskular dan saraf ibu hamil sudah bersiap dengan keadaan ini, namun ada saatnya dimana aliran darah ibu hamil ke otak juga kurang mencukupi kebutuhan. Hal inilah yang bisa juga menjadi salah satu penyebab pusing pada ibu hamil.

3. Munculnya tekanan di pembuluh darah

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka kehamilan juga akan semakin membesar. Dengan begitu rahim akan menekan pembuluh darah ibu hamil yang disebut dengan vena kava. Jenis vena ini termasuk dalam vena besar yang berfungsi membawa kembali darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Tekanan tersebut tentu dapat berdampak pada berkurangnya suplai darah ke otak dan akhirnya menjadi penyebab pusing.

4. Rendahnya kadar gula dalam darah

Perubahan sistem metabolisme juga bisa terjadi pada masa kehamilan sehingga dapat menurunkan gula darah ibu hamil. Hal itu dapat mengakibatkan ibu hamil akan merasa pusing.

Itulah beberapa penyebab pusing pada masa kehamilan. Jika ibu hamil merasakan pusing, sebaiknya segera berbaring karena hal itu dapat menghindari jatuh dan pingsan. Jika ibu hamil sedang berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk berbaring maka bisa duduk bersandar dengan kaki lurus. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/633017/big/ibu-hamil-140204b.jpg

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil adalah sabuk untuk penyangga perut ibu hamil yang mempunyai fungsi untuk ....
Rp 100.000 Beli

Komentar