Kesehatan

Gejala Dan Pengobatan Radang Usus Buntu

usus buntuUsus buntu merupakan bagian usus yang terletak dalam pencernaan bersemayam didalam rongga perut. Mengenai fungsi dan tugasnya belumlah diketahui dengan jelas di kalangan para ahli kesehatan. Namun usus buntu ini terkadang banyak sekali sel-sel yang berfungsi untuk pertahanan atau imunitas tubuh. Bila usus buntu ini infeksi atau biasa yang disebut dengan radang usus buntu, maka akan membuat pemiliknya amat merasakan sakit dan bisa menyebabkan kematian penderita bila terlambat melakukan pertolongan.
Usus buntu itu sebenarnya terletak di sebelah kanan perut bawah. Fungsinya diperkirakan untuk membantu pertahanan tubuh dari serangan penyakit. Namun selama ia tidak meradang atau mengalami infeksi maka keadaan akan baik-baik saja. Ia baru akan berbahaya bila mengalami infeksi. Pada awalnya kemungkinan peradangan tidaklah terlalu berat dan meluas sehingga orang masih dapat mengatasi radang usus buntu. Namun suatu saat ia menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Keadaan demikian menunjukkan penderita mengalami peradangan usus buntu yang kronis. Namun peradangan yang sangat sakit bagi penderitanya.Umumnya gejala yang ditimbulkan oleh radang usus buntu yang masih dalam fase awal sulit dibedakan dengan kemungkinan penyakit lainnya seperti radang usus besar dan gangguan lambung (maag). Gejala awal yang dirasakan adalah nyeri di ulu hati kemudian dapat berpindah ke bagian tengah perut, lalu lanjut ke kanan bawah. Dapat disertai mual dan muntah. Oleh karena itu, usus buntu yang masih awal seringkali dikira sakit maag. Sementara jika nyeri sudah dirasakan di perut kanan bawah, kemungkinan tersering adalah radang usus buntu.Gejala dari usus buntu dapat bervariasi pada setiap individu, diantara tanda-tanda radang usus buntu antara lain :

1. Pusar nyeri

Sakit usus buntu sering terjadi pada sisi kanan bawah perut. Tanda pertama, bagaimanapun, biasanya ketidaknyamanan dekat pusar, yang kemudian pindah ke perut bagian bawah. Beberapa orang, termasuk anak-anak dan wanita hamil, mungkin mengalami rasa sakit di berbagai wilayah perut atau di samping.

BACA JUGA:  Prinsip Dasar Food Combining

2. Demam dan menggigil

Gejala usus buntu dapat meniru orang karena sakit perut, termasuk demam ringan, menggigil, dan gemetar. Jika Anda mengalami demam 103-derajat dan sakit perut cukup parah bahwa Anda tidak bisa berdiri tegak, ada kemungkinan anda terserang radang usus buntu.

3. Muntah, mual, atau kehilangan nafsu makan

Ketika beberapa hari dimana nafsu makan Anda rendah dengan disertai mual dan muntah ringan, mirip dengan apa yang mungkin Anda alami saat perut kembung. Jika terus menjadi lebih buruk terutama jika Anda juga mengalami demam dan perut kanan bawah sakit maka ada kemungkinan anda menderita radang usus buntu.

4. Sembelit atau diare

Seperti banyak gejala lain, mungkin tidak parah dan mungkin akan datang setelah Anda anda mengalami sakit perut. Jika Anda mengalami diare ringan terutama jika banyak lendir di dalamnya dan di samping kanan perut bawah sakit, pergilah ke dokter.

5. Perut kembung dan gas

Salah satu gejala radang usus buntu yaitu perut sering merasa kembung dan penuh gas tapi mengalami kesulitan buang gas dan nyeri usus.

6. Sakit saat melepaskan tekanan di bagian kanan perut bawah

Jika seseorang menekan bagian bawah perut dan merasa sakit saat melepaskan tekanan, sebaiknya tidak melakukannya lagi dan periksakan ke dokter karena kemungkinan terkait radang usus buntu. Terutama jika rasa sakit ini disertai dengan demam, mual atau gejala lain.

sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/--9fYUmWYVDE/UqBaiYl2WzI/AAAAAAAABFM/uGDYUavH0Cs/s1600/Penyakit+Apendisitis+(+Gejala+Usus+Buntu+)+dan+Cara+Mengobati+Usus+Buntu.jpg