Bayi & Anak, Kesehatan

Dampak Pencemaran Udara Terhadap Kecerdasan Anak

Lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada di daerah atau sekitar subjek (manusia) yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari. Elemen yang ada dalam lingkungan hidup itu sendiri meliputi air, tanah, udara, flora, fauna dan sumber daya alam. Titik sentral dari lingkungan hidup itu sendiri adalah manusia. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa semua makhluk hidup tidak akan pernah lepas dari lingkungan hidup serta permasalahan pada lingkungan hidup itu sendiri.

Dampak Pencemaran Udara Pada Anak

Salah satu permasalahan yang memiliki banyak dampak bagi kesehatan tubuh manusia terutama kesehatan anak adalah buruknya kualitas udara akibat adanya pencemaran udara. Sekarang ini sangat sulit mendapatkan udara bersih yang terbebas dari pencemaran udara, terlebih lagi di daerah perkotaan. Kondisi jalan yang semakin padat akibat kendaraan bermotor membuat kadar pencemaran udara menjadi semakin tinggi. Padahal asap kendaraan adalah salah satu penyebab dari pencemaran udara yang mengganggu kesehatan tubuh terutama saluran pernapasan.

Selain berpengaruh buruk terhadap saluran pernapasan, ternyata dampak pencemaran udara juga dapat mempengaruhi kecerdasan anak. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terkena pencemaran udara sejak masih dalam kandungan akan cenderung memiliki IQ (intelligence quotient) yang lebih rendah jika dibandingkan dengan anak-anak yang sedikit terpapar pencemaran udara.

Kecerdasan anak yang terpapar oleh pencemaran udara menjadi kurang cerdas atau IQ lebih rendah. Hal itu disebabkan, karena pada asap kendaraan, asap rokok atau segala bentuk asap kotor yang menyebabkan terjadinya pencemaran udara tersebut diketahui mengandung nitrogen dioksida serta partikel lainnya yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Kandungan berbahaya di dalam asap tersebut juga terbukti cukup besar.

Dengan mengetahui begitu buruknya dampak pencemaran udara bagi kecerdasan anak, maka sudah sewajarnya semua manusia mengambil tindakan  aktif demi menjaga kesehatan. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar otak anak tetap sehat ditengah lingkungan hidup yang tinggi pencemaran udara antara lain :

BACA JUGA:  Manfaat Gamat Untuk Kesehatan

1. Menanam tumbuhan disekitar rumah

Cara menjaga otak dan kecerdasan anak dari pencemaran udara adalah dengan menghilangkan pencemaran dari udara. Cara termudah adalah dengan menanam pepohonan di sekitar tempat tinggal.

2. Biasakan melakukan olahraga pada waktu yang tepat

Ajaklah anggota keluarga Anda untuk melakukan olahraga secara rutin. Olahraga sudah terbukti baik menjaga kesehatan tubuh, namun pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga yaitu pada pagi hari sebelum banyak kendaraan bermotor beroperasi.

3. Jauhkan anak-anak dari asap rokok

Penting Anda ketahui bahwa dalam satu batang rokok mengandung kurang lebih 7000 bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jadi, sebaiknya jauhkan anak-anak dari tempat-tempat yang banyak terdapat asap rokok demi menjaga kesehatan dan kecerdasan anak.

Semoga bermanfaat.

sumber gambar : http://magit.ir/uploads/2014/08/620_400_1351845987reducing-air-pollution.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Tasnim Brain, Madu Kecerdasan Anak dan Dewasa

Tasnim Brain, Madu Kecerdasan Anak dan Dewasa

Tasnim brain merupakan formula khusus bagi anak yang bekerja untuk melancarkan peredaran darah ke otak ....
Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....