Kesehatan

Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat

Share Yuk!

ciri-ciri asam uratAsam urat adalah sisa metabolisme pada zat purin yang berasal dari makanan yang telah dikonsumsi oleh tubuh. Zat purin berasal dari makhluk hidup yang terdapat didalam setiap makanan. Sehingga pada saat kita mengkonsumsi makanan seperti misalnya saja daging ayam maka zat purin yang terdapat dalam makanan tersebut dapat termakan dan kemudian masuk ke dalam tubuh manusia. Zat purin tidak hanya terdapat dalam daging saja, namun juga bisa ada dalam jenis tumbuhan.

Ciri-Ciri Asam Urat

Penyakit asam urat yang mengganggu kesehatan tubuh manusia tidak hanya dimiliki oleh orang tua saja atau seseorang yang sudah memasuki usia 30-40 tahun keatas. Namun, penyakit asam urat juga bisa menyerang kaum remaja dewasa.

Dalam keadaan normal, jika tubuh seseorang mengkonsumsi purin maka asam urat yang berasal dari sisa metabolisme tersebut akan dikeluarkan oleh tubuh manusia melalui urine atau kotoran. Namun, jika purin yang masuk ke tubuh terlalu berlebihan maka ginjal seseorang tidak akan mampu mengeluarkan asam urat tersebut. Dengan begitu pada persendian akan menyebabkan bengkak yang disebabkan oleh asam urat yang berkumpul pada persendian tersebut dan akhirnya para penderita asam urat akan mengalami rasa nyeri atau bahkan sulit untuk berjalan.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri asam urat secara umum yang sering dialami oleh banyak orang.

  1. Sering merasakan kesemutan dan linu pada persendian.
  2. Nyeri yang sering muncul terutama pada malam hari atau pada pagi hari saat bangun tidur.
  3. Terjadi pembengkakan pada salah satu organ tubuh yang terasa nyeri atau sakit, pembengkakan pada sendi, kemerahan dan rasa panas serta nyeri yang sangat luar biasa.
  4. Hiperurisemia juga merupakan ciri-ciri asam urat yang semakin berkembang. Hiperurisemia adalah keadaan ketika asam urat dalam darah melebihi batas normal. Namun, biasanya seseorang yang terkena Hiperurisemia justru tidak terserang gout atau asam urat. Gout merupakan gejala asam urat berupa panas, bengkak, rasa sakit dan nyeri serta kemerahan pada persendian.
  5. Pada umumnya bagian sendi tubuh yang terserang asam urat adalah siku, lutut, kaki, tangan, pergelangan tangan atau kaku dan punggung.
BACA JUGA:  Karbohidrat Membuat Tubuh Langsing

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi semua orang utuk membatasi atau mengurangi asupan makanan yang banyak mengandung purin. Hal itu bertujuan untuk menyeimbangkan kadar asam urat dalam darah. Jika Anda mengalami gangguan kesehatan tubuh seperti yang telah disebutkan diatas maka segeralah perikasakan ke dokter agar kadar asam urat dapat terdeteksi sejak dini dan segera mendapat pengobatan untuk asam urat. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-I17OE3U-ne0/VI2zOSyH6OI/AAAAAAAACHc/lscnlkdO47g/s1600/penyakit_asam_urat.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Samuratik Herbal Untuk Obat Herbal Rematik

Samuratik Herbal Untuk Obat Herbal Rematik

Samuratik merupakan Obat herbal yang terbuat dari bahan-bahan almi yang berfungsing sebagai obat rematik herbal,obat ....
Obat Herbal Ekstrak Songgolangit Untuk Asam Urat Dan Rematik

Obat Herbal Ekstrak Songgolangit Untuk Asam Urat Dan Rematik

Kapsul Ekstrak “Songgolangit” adalah Herbal Alami yang di gunakan untuk mengatasi rematik, asam urat,┬ámenurunkan kolesterol ....