Cerdas Menyikapi Kemajuan Teknologi dalam Mendidik Anak

mendidik anak menyikapi teknologiTidak bisa dipungkiri, dunia semakin digital. Semua serba berbau teknologi. Hal ini pun berdampak pada anak. Anak zaman sekarang sangat dekat dengan teknologi sehingga mau tidak mau membuat orang tua harus mengubah pola mendidik anak. Tidak bisa dengan cara konvensional lagi. Orang tua pun harus mau akrab dengan teknologi.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hadirnya sesuatu yang baru dan menjadi tren, selain membawa pengaruh positif, tetapi selalu ikut bersamanya yakni potensi pengaruh negatif. Ya, potensi pengaruh negatif. Mengapa potensi? Karena semua tergantung penggunaannya. Untuk itulah, tugas orang tua untuk meredam potensi buruk yang mungkin berdampak pada anak.

Orang tua harus cerdas dalam menyikapi kemajuan teknologi ini. Jika sampai salah langkah, maka potensi pengaruh negatif tadi sangat mungkin didapat anak-anak kita. Lalu, bagaimana cara cerdas menyikapi kemajuan teknologi dalam mendidik anak?  Berikut beberapa tipsnya:

  1. Jangan sembarang membelikan gadget untuk anak. Pastikan tujuannya jika Anda hendak membelikan sebuah gadget kepada anak. Jangan dengan alasan agar bisa berkomunikasi dengan mudah dengan anak karena saking sibuknya orang tua, menjadikan kita membelikan Smartphone terbaru. Jika tujuannya hanya untuk mudah berkomunikasi, belikan saja ponsel yang tidak terlalu canggih agar hanya bisa sebatas untuk komunikasi.
  2. Pastikan jika pun Anda terpaksa membelikannya sebuah gadget yang dilengkapi fasilitas internet, Anda harus membuat peraturan. Buatlah peraturan jam penggunaan agar dia tidak kecanduan. Misalnya sehari hanya boleh memakai dari jam 4-5 sore saja. Jika terpaksa lagi sulit melakukannya, periksalah setiap hari isi gadget yang digunakan anak. Hal ini tentunya menuntut orang tua untuk melek teknologi dan tidak gaptek.
  3. Jika di rumah Anda ada fasilitas internet, letakkanlah di ruang terbuka, misal ruang keluarga. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengontrol aktivitas anak Anda dengan komputer dan internetnya. Bila perlu, seperti poin sebelumnya, berlakukanlah pembatasan jam pakai. Namun, perlu pula ajak anak Anda untuk berselencar bersama di dunia maya. Ajak anak untuk melihat situs-situs yang bermanfaat sehingga kita sama dengan mengarahkan anak untuk menggunakan internet hanya untuk hal yang bermanfaat saja.
  4. Jika harus pergi ke internet, pastikan dia harus didampingi anggota keluarga, jangan sampai dia pergi bersama teman-temannya apalagi sendirian tanpa ada pendampingan. Walaupun kita percaya pada anak kita, namun sungguh, mencegah itu jauh lebih baik.
  5. Pastikan bahwa anak tetap sering melakukan aktivitas fisik. Jangan sampai aktivitas di depan gadget mendominasi hari-harinya. Masa anak-anak adalah masa untuk bergerak secara fisik motorik. Jika jarang digunakan untuk aktivitas fisik, maka akan terjadi gangguan perkembangan pada anak.
  6. Jika anak Anda sudah masuk usia remaja, buatlah komunikasi yang baik. Selengkapnya, silakan baca tulisan selanjutnya.

Teknologi esensinya adalah untuk mempermudah manusia untuk berbuat kemanfaatan dan kebaikan. Alangkah salahnya jika justru tujuan yang baik itu dipergunakan tidak sesuai tujuannya. Orang tua yang cerdas, ialah orang tua yang memahami perkembangan zaman ini. Terus belajar, adalah kunci mendidik anak. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/-5yNS-h4vhzw/TnOUM8U_AWI/AAAAAAAAAjI/7r0C6WtIlVs/s1600/IMG_2592-cropped_sm.jpg
Mainan Anak Puzzle Huruf, Untuk Memperkenalkan Huruf Pada Anak-anak

Mainan Anak Puzzle Huruf, Untuk Memperkenalkan Huruf Pada Anak-anak

Puzzle huruf merupakan Mainan Edukatif anak yang berguna untuk memperkenalkan kepada anak tetang abjad. Bermain ....
Rp 90.000 Beli
Mobil-mobilan Berbentuk Trailer Balok untuk Mengembangkan Imajinasi Anak

Mobil-mobilan Berbentuk Trailer Balok untuk Mengembangkan Imajinasi Anak

Mobil-mobilan berbentuk trailer merupakan mainan edukatif anak yang terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk balita yang ....
Rp 66.000 Beli

Komentar