Bayi & Anak, Kesehatan

Cara Merawat Bayi Prematur Dengan Benar

Share Yuk!

Setiap orang tua menginginkan anak nya terlahir dalam keadaan sehat dan normal, namun terkadang ada bayi yang lahir dalam keadaan lebih cepat dari perkiraan dokter. Hal tersebut disebut dengan kelahiran bayi prematur. Bayi yang lahir dengan prematur layaknya mendapatkan perawatan yang intensif dari rumah sakit. Namun ada beberapa bayi prematur yang dapat dibawa pulang ke rumah dengan ketentuan – ketentuan dari rumah sakit. Memperlakukan bayi yang lahir prematur haruslah sangat berhati – hati dan juga melakukan perhatian yang khusus, Mungkin ada beberapa orang tua yang belum mengetahui bagaimana cara merawat bayi prematur. Berikut ini adalah beberapa cara merawat bayi prematur dengan benar.

1. Siapkan kamar bayi yang bersih dan juga nyaman

Bayi prematur masih memiliki daya tahan tubuh yang masih rentan terkena penyakit dan juga infeksi. Oleh karena itu pastikan kamar bayi anda bersih dari debu  dan aman. Anda juga harus memastikan bayi anda tidak terkena asap rokok ataupun berada di sekitar orang sakit.

2. Hangatkan bayi prematur dengan metode kanggoro mother care

Metode kanggoro ini sangat beguna dalam menjaga suhu tubuh bayi agar tetap stabil dan juga dapat membuat hubungan emosional ibu dan anak bisa menjadi lebih kuat. Cara melakukan perawatan kanggoro mother cara adalah :

  • bayi ditaruh di atas dada sang ibu dengan posisi kepala dan dada sedikit mendongak, badan tegak, serta antara kulit bayi dengan kulit ibunya saling bersentuhan.
  • Selanjutnya bayi dikenakan selimut serta pakaian hangat (diseterika dahulu) dari pakaian sang ibu atau jika pakaian ibu agak longgar, bisa saja bayi diikat agar tidak jatuh dengan selendang di dada sang ibu.
  • Sebaliknya, jika pakaian ibu tidak cukup besar, maka bisa dibuatkan semacam kantong untuk menopang tubuh bayi agar tetap hangat (seperti gendongan bayi).
  • Selama menggunakan metode ini, sang ibu diharapkan beraktifitas seperti biasa. Hanya saja, pada saat istirahat (tidur), maka bisa dengan posisi setengah duduk atau kalau tidak posisi pinggang bagian belakang bisa ditopang dengan beberapa bantal.
BACA JUGA:  4 Tanda-Tanda Keguguran Pada Ibu Hamil

3. Jalankan program ASI Ekslusif pada bayi prematur

ASI merupakan nutrisi penting dalam pertumbuhan bayi, dengan menjalankan program ASI ekslusif selama 2 tahun akan membuat bayi menjadi lebih kebal akan penyakit dan juga bisa menambah berat badan bayi.

4. Lingkungan yang tenang

Ciptakan lingkungan yang tenang dan kondusif agar sang bayi dapat beristirahat dengan nyaman dan tenang. Bayi prematur memiliki waktu tidur yang lebih banyak ketimbang bayi yang normal. Jadi usahakan agar ruangan tidur bayi jauh dari suara yang bising, jika anda hendak membuka dan menutup pintu harus dengan pelan – pelan.

5. Selalu dalam kontrol dokter

Selalu rutin melakukan kontrol dan juga berkonsultasi dengan dokter. Ketika anda melakukan kontrol, dokter akan memeriksa perkembangan pada bayi anda. Keberhasilan dalam merawat bayi prematur di rumah adalah dengan bertambahnya berat tubuh sang bayi.

Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 100 x 200

Sprei Waterproof Import 100 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Gendongan Bayi 3 Posisi Dialogue Baby

Gendongan Bayi 3 Posisi Dialogue Baby

Gendongan bayi ini merupakan salah satu pelengkapan baby terobosan terbaru, yaitu gendongan instan yang penggunaannya ....
Frutablend, Menjaga Daya Tahan Tubuh Dan Kesehatan Jantung

Frutablend, Menjaga Daya Tahan Tubuh Dan Kesehatan Jantung

Deskripsi Produk : Frutablend adalah kapsul herbal yang diracik dari 22 macam jenis sayuran dan ....