Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Cara Mengatasi Ibu Hamil Yang Susah Tidur

ibu hamil susah tidurSusah tidur atau insomnia merupakan gejala dari suatu gangguan, seperti stress, kecemasan, nyeri, dan lain sebagainya. Lamanya tidur berbeda pada masing-masing orang. Ada yang memerlukan waktu tidur sebentar dan tetap dapat beraktivitas tetapi ada pula yang memerlukan waktu lama untuk tidur.

Yang perlu diketahui apakah kesulitan yang dialami untuk memulai jatuh tertidur atau kesulitan untuk mempertahankan tidur atau mudah terbangun.

Masa kehamilan dapat menyebabkan susah tidur atau insomnia ringan karena gerakan janin, kram otot, sering buang air kecil, nafas pendek dan adanya stressor psikologis. Selain itu ibu juga kesulitan memilih posisi yang nyaman

Berikut adalah cara mengatasi ibu hamil yang susah tidur:

  1. Hindari minum kopi atau teh beberapa jam menjelang tidur, karena terdapat kafein yang dapat membuat terjaga. Alternatif dapat mengkonsumsi kopi yang tidak mengandung kafein atau teh herbal
  2. Susu hangat juga dapat meningkatkan kecepatan tidur. Tetapi bukan sus ucoklat karena dalam susu coklat mengandung theobromin yang dapat membuat lebih terjaga. Dapat pula diganti dengan susu kedelai.
  3. Hindari konsumsi makanan atau cemilan dalam jumlah banyak sebelum tidur.
  4. Mandi air hangat dan massage dapat membuat rileks sehingga membantu lebih nyaman untuk tidur.
  5. Terkadang ibu hamil terutama pada trimerster akhir merasa sulit untuk mencari posisi nyaman saat berbaring tidur. Dianjurkan untuk berbaring dengan posisi miring kiri karena dapat melancarkan peredaran darah dan nutrisi ke janin. Apabila tidur terlentang ibu hamil akan merasa tidak nyaman dan mudah merasa sesak nafas karena menekan vena cava inferior yang akan mengganggu peredaran dari ibu ke janin. Bila kaki ibu bengkak saat tidur dapat meninggikan kaki dengan disangga bantal agar peredaran darah lebih lancer.
  6. Tidur dan bangun teratur pada jam yang sama. Hindari tidur siang. Jika ingin tidur siang, sebaiknya tidur malam lebih larut.
  7. Tidur dengan lampu redup agar hormon dapat bekerja maksimal
  8. Lakukan olahraga secara rutin.
  9. Lakukan teknik relaksasi terutama sebelum tidur
  10. Jika sulit memulai tidur lakukan aktivitas hingga tubuh lelah dan siap tidur, jangan memaksakan tidur jika tidak bisa.

Semoga cara diatas dapat membantu ibu yang mengalami susah tidur pada masa kehamilan. Kualitas tidur sangatlah penting karena mempengaruhi recovery (perbaikan) tubuh setelah seharian beraktivitas, selain itu kualitas tidur juga dapat mempengaruhi mental dan emosional.

Profil Penulis

Wiwit Dhika Sari, Alumni Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

sumber gambar : http://cdn.klimg.com/vemale.com/headline/650x325/2013/12/semakin-susah-tidur-nih.jpg