Bayi & Anak, Kesehatan

Cara Memotong Kuku Bayi

Share Yuk!

cara-memotong-kuku-bayiBiasanya orang tua mengalami kesulitan saat memotong kuku bayi. Mulai dari takut menyakiti sang bayi sampai takut ketika saat kuku akan dipotong bayi sedang bergerak. Kuku bayi perlu dipotong beberapa hari sekali. Hal ini untuk mencegah kulit bayi yang masih sentisif terluka akibat tergaruk. Pasalnya, kuku bayi masih sangat lunak dan tipis. Disamping itu, bayi yang aktif bergerak membuat pemotongan kuku menjadi lebih sulit. Berikut adalah beberapa tips aman memotong kuku bayi.

 

1. Gunakan Alat Pemotong Kuku Khusus Bayi

Untuk memotong kuku bayi, gunakan gunting atau gunting kuku khusus bayi. Ukuran dan bentuk kedua alat ini sudah disesuaikan dengan jemari bayi yang mungil. Dengan begitu, kemungkinan anda membuat bayi terluka pada waktu memotong kuku bisa dicegah. Lebih baik lagi bila anda menyempatkan diri untuk membersihkan dahulu alat-alat yang akan digunakan dengan alkohol 70%, supaya lebih steril.

2. Lakukan Pada Waktu Yang Tepat

Pemotongan kuku bisa dilakukan ketika bayi sedang tidur atau sehabis mandi. Ketika bayi sedang tidur ia tidak banyak bergerak sehingga mempermudah kita memotong kukunya. Bayi biasanya lebih tenang setelah mandi, disamping keuntungan lain yaitu kuku bayi lebih lunak sehingga mudah dipotong.

3.Potong kuku jari tangan dengan bentuk seperti kurva

Potong kuku tangan bayi mengikuti lekuk jari tangan bayi. Sedangkan pada jari kaki, potong dengan potongan lurus. Jangan memotong kuku bayi terlalu pendek, sisakan kurang lebih 1 mm supaya jari bayi tidak terluka. Jangan lupa juga untuk membersihkan kotoran yang terselip di kuku bayi jika ada. Lebih baik lagi bila kuku bayi dikikir dengan alat kikir khusus kuku bayi untuk menghilangkan bagian-bagian yang tajam dari kukunya. Kikir dengan perlahan, jangan terlalu keras karena bisa menyakiti jari si kecil.

BACA JUGA:  6 Tips Mencegah Terjadinya Infeksi Saluran Kemih

4. Potong kuku bayi secara teratur

Di bulan-bulan awal setelah kelahirannya, kuku bayi tumbuh begitu cepat, terutama kuku jari tangan. Karena itu, potonglah kuku jari tangan setidaknya 2 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk memotong kuku jari kaki, hanya saja tidak perlu sesering pada kuku jari tangan.

Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Botol Kaca  Asi

Botol Kaca Asi

Deskripsi Produk Botol kaca asi ini merupakan tempat untuk menampung asi hasil perahan Bunda. Dengan menggunakan ....
Sprei Anti Air Untuk Buah Hati Anda

Sprei Anti Air Untuk Buah Hati Anda

Sprei Waterproof /Sprei anti air adalah pelindung kasur/springbed sehingga kasur/springbed tetap bersih dan kering Dirumah ada ....