Tumbuh Kembang Anak

Cara Agar Anak Tumbuh Sehat, Aktif dan Cerdas

cara-agar-anak-tumbuh-sehat-aktif-dan-cerdasMendidik anak tumbuh sehat, aktif dan cerdas adalah tujuan semua orang tua. Jika anak tumbuh menjadi cerdas merupakan kebanggaan orang tua dan juga menjadi harapan dan impian seluruh orang tua di dunia. Kecerdasan seorang anak tidak semata-mata didapatkan dari faktor keturunan saja.  Selain itu orangtua juga menginginkan agar anak tumbuh sehat dan aktif. Namun terkadang hal tersebut menjadi tantangan bagi orang tua untuk mendidik anak aktif. Bagaimana cara agar anak tumbuh sehat, aktif dan cerdas? Berikut ini adalah beberapa cara agar anak tumbuh sehat, aktif dan cerdas.

1. Beri kasih sayang penuh pada anak dari kedua orang tua

Cara mendidik anak agar cerdas bisa di mulai sejak anak masih dalam kandungan. Meski masih didalam kandungan ia bisa mendengar apa yang dikatakan oleh ibunya. Ajak sang ayah juga berinteraksi dengan sang anak sejak masih didalam kandungan. Dengan begitu maka sang anak akan mengerti bahwa ia mendapatkan kasih sayang yang berlimpah dari kedua orangtuanya.Selain itu rasa kasih sayang bisa ditunjukkan dengan cara meluangkan waktu bersama anak-anak, mendengarkan cerita dan keluh kesahnya, serta mengatakan pada anak bahwa sangat menyayanginya. Meski terkesan sederhana, hal tersebut bisa sangat berarti bagi anak.

2. Memiliki pola hidup sehat

Anak-anak yang aktif memiliki tubuh sehat pula, maka dari itu jaga kesehatan anak dengan baik agar mereka terhindar dari penyakit. Salah satunya dengan makanan yang mimiliki kandungan gizi dan nutrisi seimbang pun menjadi salah satu cara agar sehat dan cerdas. hal tersebut bisa dimulai ketika hamil. Ibu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung DHA, EPA, serta zat lain yang berperan dalam mengembangkan kecerdasan anak. Kandungan zat yang baik untuk otak anak bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan laut seperti ikan salmon dan tuna.

Pastikan si kecil mendapatkan kebutuhan karbohidrat, protein, zat besi, dan zat penting lainnya di setiap porsi makanan yang ibu hidangkan. Makanan yang dikonsumsi anak harus mampu memenuhi kriteria angka kecukupan gizi anak. kebutuhan gizi pada setiap anak berbeda-beda tergantung pada usia, berat badan, serta aktivitasnya sehari-hari. Oleh sebab itu, para orang tua dituntut untuk lebih cermat dalam mengamati kebutuhan gizi anak-anaknya agar proses pertumbuhannya dapat berjalan dengan maksimal.

3. Sesuaikan Aktivitas Yang Dilakukan Anak-Anak

Jika memang anak Anda masih kecil, kegiatan yang dapat membuat mereka tetap aktif, sehat dan cerdas adalah dengan mengajaknya pergi ke taman bermain. Atau masih suka bermain balok, puzzle dan petak umpet, dapat menjadi pilihan menarik untuk Anda mainkan dengannya. Namun, untuk anak yang sudah menginjak remaja, kegiatan yang lebih ke sport dapat menjadi pilihan yang tepat untuknya.

 

 

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 200 x 200

Sprei Waterproof Import 200 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Sabun Herbal Propolis Marva Untuk Kulit Kering dan Berminyak

Sabun Herbal Propolis Marva Untuk Kulit Kering dan Berminyak

Sabun Herbal Propolis Marva merupakan sabun kecantikan wajah untuk mengatasi kulit kering dan berminyak karena mengandung ....
Sabun Herbal Sari Bengkoang Menjadikan Kulit Cerah

Sabun Herbal Sari Bengkoang Menjadikan Kulit Cerah

Sabun herbal sari bengkoang adalah sabun mandi yang terbuat dari ekstrak sari bengkoang alami untuk ....