Bayi & Anak, Kesehatan

Buah Alpukat, Nutrisi Yang Baik Untuk Anak

manfaat alpukat untuk anakSeorang anak masih sangat membutuhkan perhatian lebih dari kedua orang tuanya. Pada masa anak-anak, mereka akan mengalami fase pertumbuhan dan perkembangan dimana sel akan tumbuh dan berkembang sangat pesat sehingga banyak dibutuhkan asupan makanan yang bergizi tinggi untuk menunjangnya.

Untuk mendukung pertumbuhan anak, selain ASI dibutuhkan juga makanan dan buah-buahan bernutrisi tinggi seperti salah satunya buah alpukat. Buah alpukat sering disebut sebagai jenis buah yang baik dari alam.

Kandungan lemak baik yang terkandung dalam buah alpukat sangat berguna bagi perkembangan syaraf pusat, otak dan fisik anak. Alpukat dapat dikenalkan pada anak mulai di usia 6 bulan karena di usia 6 bulan sampai 2 tahun, anak memerlukan banyak karbohidrat, lemak dan protein untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuhnya.

Bagi para bunda, tak ada salahnya bila Anda memberikan buah alpukat sebagai buah pertama bagi bayi dibandingkan buah hati Anda harus berkenalan dengan sereal instan. Mengapa demikian? Karena buah alpukat, nutrisi yang baik untuk anak dimana nutrisi yang terkandung didalamnya seperti vitamin, mineral dan zat-zat lainnya yang mampu memenuhi kebutuhan anak untuk mendukung pertumbuhannya.

Manfaat buah alpukat bagi anak

  • Alpukat baik bagi kesehatan anak

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dalam darah sehingga baik bagi jantung.

  • Alpukat membantu tumbuh kembang anak

Buah alpukat mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin K, vitamin C, vitamin E, kalium, lutein, magnesium dan zat besi. Semua zat tersebut sangat dibutuhkan bagi anak. Terutama vitamin B komplek yang berfungsi untuk meningkatkan perkembangan jaringan dan kesehatan pada sel-sel tubuh.

  • Alpukat membantu perkembangan otak anak

alpukat untuk bayiOtak merupakan salah satu organ terpenting yang bekerja secara aktif. Bahkan disaat manusia tidur, otak masih melakukan aktifitas yang penting. Maka dari itu, diperlukan banyak nutrisi bagi otak dengan tujuan agar proses kerja otak menjadi lebih maksimal.

Jika Anda menginginkan anak selalu siap belajar, maka jangan ragu lagi untuk memberinya buah alpukat. Buah alpukat selain mengandung nutrisi yang telah disebutkan diatas tadi ternyata juga mengandung zat omega 3 yang dikenal sebagi zat yang sangat baik bagi otak. Maka biasakan anak mengkonsumsi buah alpukat. Agar tidak bosan, olah menjadi berbagai variasi makanan. Selamat mencoba.

Sumber gambar :
1. http://3.bp.blogspot.com/-EfDV7UTGiL0/UcQAKW-sA4I/AAAAAAAADeM/JY_rtKQz3yY/s1600/pure-alpukat.jpg
2. http://diariazaria.files.wordpress.com/2011/08/alpukat.jpg