Kesehatan

Brokoli, Sang Superstar

brokoli sang super star

Jika disantap begitu saja brokoli memang tidak bisa dibilang enak. Namun dibalik itu brokoli bayak sekali manfaat yang terkandung didalamnya. Layakkah brokoli dijuluki si sayur superstar?

Brokoli memang tergolong sayur yang mudah didapat. Cara memasaknya pun tidak terlalu sulit, bisa ditumis, dikukus, atau bahkan dimakan begitu saja.

Dari penelitian diketahui brokoli kaya dengan vitamin C. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa kandungan vitamin C pada brokoli lebih banyak dari pada jeruk. Sebagai ilustrasi, dalam 156 gram brokoli kukus terdapat 123,40 mg vitamin C. Sedangkan dalam 156 garan jeruk terdapat hanya sekitar 83,2 mg vitamin C.

Disamping itu, vitamin lain yang banyak terdapat dalam brokoli adalah vitamin K, A, B2, B5 dan B6. Sedangkan mineral dan nutrisi lain yang terdapat didalam brokoli adalah potasium, magnesium, mangan, zinc dan kalsium.

Tidak hanya itu, penelitian juga menunjukan, brokoli memiliki “senjata ganda” untuk melawan kanker, yakni vitamin C, magnesium, indole carbinol dan sulforaphane. Brokoli-pun dapat mengurangi resiko kanker atau serangan jantung. Hal ini disebabkan serat yang tinggi dari brokoli akan mengurangi jumlah kolesterol (LDL) yang masuk kedalam darah.

Bagi mereka yang sudah mulai mengkonsumsi brokoli boleh merasa beruntung sebab sayur ini mengandung zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh 40x lipat. Karena begitu banyak manfaat yang didapat dari brokoli, kini semakin banyak orang mengkonsumi si sayur ini. Popularitas brokoli pun meningkat. Jadi layaklah jika brokoli dijuluki sebagai si sayur superstar.

Hati-Hati Mengolah Brokoli

Seperti diketahui brokoli mengandung banyak nutrisi. Agar nutrisi tersebut tidak hilang maka berhati-hatilah dalam mengolahnya. Jika akan dikukus, jangan mengukus lebih dari 20 menit agar zat penting di dalamnya tidak rusak atau hilang.

Memasak brokoli dengan direbus pun tidak disarankan, sebab sejumlah zat penting akan hilang. Jika untuk memanaskan brokoli digunakan alat seperti microwave akan mengurangi hingga 97% zat antioksidan yang penting oleh karena itu jika memang harus dikukus, panaskan antara 0-3 menit saja.

Sumber informasi : nova

Sumber Gambar : http://i.ytimg.com/vi/hkgUJiOzUlk/maxresdefault.jpg

 

BACA JUGA:  Kenali Flek Paru-Paru Pada Anak Anda