Berolahraga Untuk Menjaga Kecantikan Kulit

manfaat olahragaKesehatan dan kecantikan kulit merupakan dambaan setiap wanita. Berbagai produk kecantikan digunakan agar membuat kulit sehat, cantik dan mulus. Beberapa wanita menyiasati keindahan kulitnya agar terlihat muda dengan menggunakan make up. Selain itu, pola makan sehat juga turut menunjang keindahan dan kesehatan kulit. Ada juga yang menggunakan cara-cara tradisional untuk keindahan dan kecantikan kulit, seperti menggunakan coklat ataupun strawberry. Namun dari berbagai cara dan metode untuk mempercantik kulit, jangan lupa berolahraga.

Kecantikan tidak hanya diperoleh dari perawatan kulit dengan kosmetik yang tepat, tapi juga dari kebugaran tubuh.

Kecantikan alami akan lebih terjaga jika kita rajin berolah raga. Tidak perlu olah raga berat untuk menjaga kebugaran tubuh, yang penting adalah tubuh diberi kesempatan untuk bergerak agar otot-otot tubuh tergerakkan. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolah raga agar tidak terjadi cedera.

Berikut ini adalah tips untuk berolah raga :

  • Jalan kaki di pagi hari selama 45-60 menit. Lakukan paling tidak tiga kali dalam seminggu. Hal ini pun dapat dilakukan dengan menggunakan treadmill.
  • Bersepeda. Buatlah target berbeda setiap kali bersepeda, misalnya hari ini jarak tempuhnya dua kilometer, mungkin besok tiga kilometer. Lakukan bersepeda paling tidak empat kali seminggu.
  • Untuk yang memilih berolah raga energik, mungkin bisa melakukan aerobik, salsa atau taebo. Lakukan selama satu jam, tiga kali dalam seminggu.
  • Latihan beban. Jika memilih untuk berolah raga di gymnasium, lakukan latihan beban. Jangan lupa buat target; misalnya bulan ini latihan beban dengan berat beban lima kilo, bulan depan tingkatkan menjadi enam atau tujuh kilo.
  • Sebagian orang mungkin ada yang hobi berolah raga berat, seperti tenis, badminton, atau futsal. Lakukan secara teratur 1-2 kali seminggu, dan jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan tiap kali berolah raga.

Manfaat olahraga untuk kulit Anda :

  • Membantu mengeluarkan racun dan radikal bebas dari dalam tubuh

Asap rokok, polusi udara atau bahan kimia pada produk kecantikan berdampak buruk pada kulit kita. Radikal bebas akibat hal tersebut merusak kulit sehingga dapat menyebabkan keriput atau flek. Dengan berolahraga, racun yang ada dalam tubuh kita dapat dikeluarkan. Sirkulasi darah yang baik menyebabkan distribusi nutrisi untuk kulit diserap maksimal dan membantu mengeluarkan racun yang ada di kulit.

  • Merangsang produksi kolagen

Kolagen adalah zat pengisi sel kulit yang membuat kulit menjadi kenyal dan kencang. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen semakin menurun dan berkurang yang mengakibatkan kulit menjadi kering dan berkerut. Produksi kolagen dapat dipacu dengan melakukan olahraga rutin karena sel kulit akan mendapatkan oksigen dan distribusi nutrisi yang baik sehingga kulit akan bersinar dan lentur.

  • Mencegah timbulnya jerawat

Olahraga membantu mengontrol produksi hormon DHEA dan DHT yang memicu timbulnya jerawat. Penyebab lain jerawat adalah karena stres. Saat stres akan diproduksi hormon yang juga memicu jerawat. Tetapi, hasil penelitian membuktikan bahwa kebanyakan stres akan berkurang bila Anda berolahraga teratur sehingga jerawat tidak akan muncul.

  • Mengurangi selulit

Selulit terjadi akibat jalinan fibroblast tertarik dan membentuk kantung lemak. Selulit umumnya ada di bokong, paha belakang atau lengan dan membuat kulit menyerupai kulit jeruk. Kehadiran selulit akan mengganggu penampilan Anda. Saat berolahraga, tubuh mengalami proses pembentukan dan peregangan otot sehingga selulit yang ada dapat dihilangkan.

sumber gambar : http://www.sternzanin.it/uploads/associazioni-sportive.jpg

Komentar