Kesehatan

Berat Badan Ideal Saat Bulan Ramadhan

tubuh ideal saat ramadhanPada saat berpuasa, tidak heran jika sebagian orang justru mengalami kenaikan berat badan. Kondisi ini bisa saja menjadi ancaman bagi siapapun yang melakukan pola makan yang salah pada saat berbuka, seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis. Tetapi jangan khawatir, ada strategi jitu untuk mencegah agar berat badan Anda tidak menjadi gemuk saat berpuasa.

Tips Menjaga Berat Badan Ideal

Menyeimbangkan asupan makanan yang kita makan selama berpuasa bisa menjadi kunci utama untuk mengontrol berat badan. Nah, sebenarnya bagaimana sih menjaga tubuh agar tetap ideal selama berpuasa?, berikut kami informasikan cara mengontrol agar berat badan ideal saat bulan ramadhan.

Jangan makan berlebihan

Makan berlebihan akan memberikan dampak yang kurang bagus bagi tubuh kita, salah satunya memicu bertambahnya berat badan. Agar porsi makan tidak berlebihan, Anda bisa mencoba untuk menyantap roti, sereal, produk susu, ikan, daging, sayuran, dan buah-buahan secara bertahap dan seimbang. Dengan begitu asupan nutrisi Anda tetap terjaga tanpa mempengaruhi berat badan.

Hindari terlalu banyak karbohidrat

Karbohidrat memang diperlukan bagi tubuh untuk menghasilkan energi. Namun jangan terlalu banyak mengkonsumsinya ketika berpuasa, karena kebanyakan karbohidrat akan membuat berat badan mudah bertambah.

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks adalah saran terbaik untuk hidangan sahur. Sebab nutrisi tersebut ampuh membuat perut tahan kenyang lebih lama. Makanan sehat dengan karbohidrat kompleks bisa Anda temukan dalam gandum, sereal, oat, dan berbagai biji-bijian.

Mengkonsumsi makanan berseratsayur dan buah

Makanan berserat juga penting dikonsumsi saat sahur. Sama halnya seperti mengkonsumsi karbohidrat kompleks, serat juga akan membuat Anda tahan lapar lebih lama. Unsur serat sendiri terdapat pada sayuran dan buah-buahan segar. Jadi, jangan lupa selalu menyertakan komponen tersebut ke dalam menu berbuka dan sahur Anda.

Mengkonsumsi makanan berprotein

Makanan berprotein akan mencegah Anda untuk menyantap hidangan manis secara berlebihan. Maka dari itu jangan malas mengkonsumsi ikan, telur, atau daging selama puasa. Selain membantu mengontrol berat badan, protein juga membuat perut Anda kenyang lebih lama.

Minum banyak air

Untuk menghindari dehidrasi, tentu saja Anda harus banyak minum air putih. Manfaat lain dari air putih adalah detoksifikasi atau membuang racun dalam tubuh selama bulan puasa.

Tetap rutin berolahraga

Berpuasa bukan berarti meninggalkan aktivitas olahraga. Anda bisa melakukannya sebelum atau sesudah berbuka untuk menghindari dehidrasi. Tidak perlu melakukan olahraga berat, jalan santai di sekitar rumah setelah sahur atau sebelum berbuka selama 20 menit, bisa menjadi pilihan untuk membuat tubuh menjadi bugar dan berat badan terjaga.

Makanan manis memang selalu tampak menggoda, tetapi hati-hati jangan terjebak. Lakukan strategi dengan kombinasi makanan yang tepat, membuat Anda tetap bisa menikmati makanan manis favorit Anda pada saat berbuka dan sahur. Puasa lancar, tubuh sehat, berat badan ideal pun tetap terjaga.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar:
1.http://www.bidanyeyen.com/uploads/2010/12/berat-badan.jpg
2.http://1.bp.blogspot.com/-huaupV6-mKA/UYGvfMlWB9I/AAAAAAAAACw/g7S0ZKYFakQ/s1600/membentengi+tubuh+dengan+sayur+dan+buah.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Moment Slimmer Untuk Menurunkan Berat Badan

Moment Slimmer Untuk Menurunkan Berat Badan

Moment slimmer merupakan produk herbal alami yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Produk pelangsing tubuh ....
Diet Sehat Dengan Madu Diet Rempah

Diet Sehat Dengan Madu Diet Rempah

Madu Diet Rempah atau MDR merupakan produk untuk menurunkan berat badan sekaligus menambah stamina tubuh. ....