Berapa Lama Sperma Hidup Dalam Rahim

berapa lama sperma hidupSel sperma dihasilkan oleh buah zakar atau testis. Bila kualitas sperma baik, maka peluangnya untuk membuahi sel telur dan menghasilkan kehamilan akan semakin besar. Ketika seorang pria mengalami ejakulasi dan mengeluarkan sperma, berapa lama sperma ini bisa bertahan hidup?

Faktor yang mempengaruhi berapa lama sperma dapat hidup dalam rahim tergantung pada banyak variabel, baik dari komposisi metabolik (kualitas) sperma, lingkungan miss v (temperatur tubuh, level keasaman (ph), kehadiran lendir serviks/cm, kualitas lendir serviks, kemampuan sperma untuk berenang maju dari miss v  menuju saluran sel telur, dan kehadiran antibodi sperma dalam tubuh wanita. namun yang terpenting adalah dimana sperma itu berada. Pada permukaan yang kering seperti di baju atau sprei sel sperma akan langsung mati begitu cairan mani (semen) kering.

Sedangkan di air, seperti di kolam hangat atau bath tub, usia hidup sperma bisa lebih lama lagi karena mereka bisa bertahan di lingkungan yang hangat atau basah. Akan tetapi kemungkinan sel sperma ini berenang dan masuk ke saluran reproduksi wanita sangatlah kecil.

Sementara itu di dalam tubuh wanita, sperma bisa hidup antara 3-6 hari tergantung pada kondisi tertentu, seperti keasaman miss v . Karena itu meski hubungan seks tanpa kontrasepsi dilakukan bukan dalam masa subur, kemungkinan hamil tetap ada selama sel sperma masih hidup.

Sperma sangat kecil tidak terlihat oleh mata telanjang dan perjalanan dimulai dari tubuh pria, butuh beberapa bulan bagi sel sperma untuk terbentuk dan matang. Untuk meningkatkan kesehatan sperma dan perkembangannya yang normal, kecukupan nutrisi dan antioksidan adalah hal yang sangat vital.  Gaya hidup sehat, menghindari kebiasaan yang memperburuk kondisi sperma seperti merokok dan alcohol adalah penting untuk menciptakan sel-sel sperma yang kuat untuk dapat mengarungi perjalanan beratnya kelak.

Saat penetrasi dan pria mengalami puncak ejakulasi, sperma akan masuk ke dalam miss v wanita. Perjalanan berlanjut, sperma berenang melalui rahim dengan bantuan lendir serviks dalam rahim wanita, dan terus bergerak menuju saluran sel telur. Jika sprema tidak segera tiba disana dalam beberapa jam, sebagian besar akan berakhir mati.

Dalam perjalanan panjang tersebut, banyak sperma yang kehabisan energi atau berenang pada arah yang salah, atau pergi ke saluran sel telur yang kosong (yang tidak sedang mengandung telur matang, karena saluran sel telur wanita ada dua buah). Pada beberapa kasus, sperma bahkan dinetralkan oleh antibodi wanita atau oleh lendir serviks yang “hostile” (anti sperma).

Jika lendir serviks wanita ada dan baik, usia sperma akan lebih panjang. Lendir serviks adalah bagian penting dari proses kehamilan. Lendir serviks (CM/Cervical Mucus) melindungi sperma dari Acid (keasaman) miss v. Lingkungan Acid miss v dapat menghentikan pergerakan sperma. Lendir serviks yang diproduksi tubuh dapat melindungi sperma dari acid tersebut. Lendir serviks juga membantu sperma untuk berenang ke tuba fallopi dari rahim untuk mencapai telur. Lendir serviks yang baik juga dapat mendeteksi sperma yang abnormal dan mencegah mereka mendekati sel telur. FertileCM membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas lendir serviks yang baik untuk membantu sperma melaksanakan tugasnya.

Bila sperma beruntung, ia masuk ke saluran telur yang benar, pada saat yang tepat ketika wanita berada pada kondisi paling subur dan telur matang, dan pembuahan dapat terjadi. Namun bila belum ada telur yang matang, mereka harus menunggu sekitar waktu ovulasi, saat telur jatuh. Dalam beberapa kasus, sperma sehat dapat bertahan di rahim sekitar 3 hari. Bisa sampai 5 hari pada sperma yang sangat kuat dan sehat, namun jarang.

Dari jutaan sperma yang memulai perjalanan, hanya beberapa perenang yang lincah dan unggul saja yang dapat berhasil. Inilah mengapa waktu hubungan di saat yang tepat sangat penting untuk meningkatkan peluang anda untuk hamil. Pada waktu yang salah, sperma yang bertahan akan berenang-renang di tuba fallopi menunggu kehadiran telur matang. Jika telur hadir, satu sperma yang masih bertahan hidup dan cukup berenergi dapat mendekati telur dan menembus masuk untuk membuahinya.

Sumber gambar : http://www.omurokur.com/uploads/yumurta.jpg

86 thoughts on “Berapa Lama Sperma Hidup Dalam Rahim”

  1. Assallamualaikum kak ..
    Saya Mau Tanya, Jika Kami tidak berhubungan intim lebih dari seminggu dan suami tidak mengeluarkan sperma nya, apakah
    1. ketika kita melakukan hub. Intim. Apakah bisa hamil?
    2. Ketika melakukkannya lebih dr sekali, apakah sperma Masih bisa membuahi?
    Trimakasih

    Reply
  2. Mau tanya q kan kb suntik 1 bulan,pas tgl 25 setelah brhubungan q mens dan tgl 29 nya wktunya kb lgi tpi q gak kb karena telat 2 hri dr masa tgl kb.setelah slsai haid q berhubungan sama suami pake kondom trus td mlm q brhubungan tanpa memakai kontrasepsi tpi dikluarin diluar lah paginya kok keluar darah knp ya

    Reply
  3. Selamat siang dok. Tanggal 13 14 kemarin saya melakukan hubungan intim sama suami saya, dia setau saya dia mengeluarkan sperma diluar ditaruh diatas miss v saya dan memakai kondom karena anak kami masih kecil. Siklus menstruasi saya harusnya tanggal 15 ini. Tapi kok sampe sekarang saya belum haid juga ya dok. Kira2 menunggu berapa minggu ya dok untuk memastikan hamil atau tidaknya? Terimakasih. Mohon dijawab

    Reply
  4. Permisi saya mau tanya .. saya selesai haid tanggal 25 lalu saya berhubungan intim tanggal 26 …saya tidak tau ada sperma yg masuk atau tdk soalnya suami saya minum obat sebelum melakukan .. apakah bisa menyebabkan kehamilan? Apakah sperma sedikit bisa membuat hamil ?

    Reply
    • saya melalukan seks menguarkan di dalem tubuh wanita tapi saya cuman 1 kali mengelurkan di dalam itu mengakibat nya hamil atau tidak yaa

    • Mau tanya dokter, bagaimana cara mematikan sperma yg masuk ke organ intim, agar tidak hamil

    • Salam, saya sudah menikah dan punya satu orang anak dan belom mau nambah dulu, nah pas kemarin berhubungan intim kebabalasan mani keluar di dalam ms v, pertanuaan saya sebelum satu minggu bisakah di KB atau di gagalkan biar ngga hamil bagai mana caranya mencegah kehamilan, mohon pencerahan…..trimakasih.

  5. Assalamualaikum dokter
    kemaren waktu istri saya lagi hed terus pas istri saya udah beres hed , saya berhubungan sama istri saya , nah saya gatau gimana soalnya perasaan saya , saya ngeluarin diluar , tapi skrg istri saya mual mual dok , apakah itu pertanda hamil ? Tapi perasaan saya , saya ngeluarin diluar mohon jawabannya dok ditunggu.
    Terima kasih sebelumnya

    Reply
  6. mlem dok, sya mau tanya, slma 1 tahun lebih, suami sya mengeluarkan sperma di luar miss v,, pas tgl 11 desember 2016, suami sya mengeluarkan di dalam miss v, slma 3 hari itu, sya mual, enek sma pusing sdkit dok,, apa kah sya hamil dok.

    Reply
  7. Hey bun aku mau nanya
    Aku hbngan intim tgl 15 trus istri saya udah haid tgl 30 oktober kmaren tpi cuma sedikit dan haid nya cuma 1hri itu bisa kemungkinan hamil ya bulan desember ini

    Reply

Leave a Comment