Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Bahaya Yang Muncul Ketika Menyusui Bayi Sambil Tiduran

Share Yuk!

Para ibu biasanya menyusui bayi sambil tiduran, selain dianggap lebih aman juga dianggap lebih memudahkan sang ibu dalam menyusui. Namun tahukah anda para ibu bahwa ada bahaya menyusui bayi sambil tiduran? apalagi jika anda dalam keadaan mengantuk. Dan jika ASI yang keluar dari sang ibu sedang deras bisa saja ASI nya tumpah dan akan berbahaya jika ASI yang tumpah mengalir ke telinga bayi. Karena hal tersebut bisa mengakibatkan infeksi telinga pada bayi.

Sebenarnya gangguan ini disebabkan oleh bakteri atau virus yang terjadi ketika cairan menumpuk di daerah di belakang gendang telinga bayi, dan kemudian menjadi terinfeksi.  Biasanya cairan yang masuk masuk ini melalui tuba eustachius, yang menghubungkan telinga tengah ke bagian belakang hidung dan tenggorokan. Tetapi jika tabung eustachius diblokir – seperti yang sering terjadi selama pilek, infeksi sinus, bahkan alergi – cairan terjebak di telinga tengah.

Bayi memang lebih berisiko mengalami infeksi telinga tengah, karena anatomi tuba eustachius-nya (saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan bagian belakang tenggorokan) yang masih relatif mendatar. Pada balita, gejala infeksi telinga ditunjukkan oleh kebiasaan menarik-narik atau memegang-megang telinga. Namun, terlepas dari gejala di atas, infeksi telinga bisa saja tidak menunjukkan tanda-tanda apapun.

Hubungi dokter bila terjadi infeksi telinga. Dokter akan melihat telinga bayi dengan alat yang disebut otoscope. Dokter juga dapat memeriksa apakah gendang telinga bergerak dengan alat yang disebut otoscope pneumatik, yang melepaskan embusan singkat udara ke dalam telinga. Jika tidak bergerak, itu indikasi lain bahwa cairan adalah mengumpulkan di telinga tengah dan mungkin terinfeksi.

Share Yuk!

BACA JUGA:  Cara Untuk Memperbaiki Perubahan Tubuh Setelah Melahirkan

Produk Menarik untuk Anda:

Sale!
Hiu ASI, Herbal Alami Untuk Melancarkan ASI Bagi Ibu Menyusui

Hiu ASI, Herbal Alami Untuk Melancarkan ASI Bagi Ibu Menyusui

Hiu ASI merupakan salah satu herbal alami yang berkhasiat untuk melancarkan ASI (Air Susu Ibu). ....
Sprei Waterproof Import 120 x 200

Sprei Waterproof Import 120 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Herba ASI Cara Mudah Melancarkan ASI

Herba ASI Cara Mudah Melancarkan ASI

Herba ASI adalah cara mudah untuk melancarkan ASI karena terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat memperbanyak ....